Angka Penularan Covid di Kediri Meningkat Tajam, Klaster Lebaran? -
SATUKANAL.COM
Satgas Covid Kediri Sebut Tidak Ada Lonjakan Pasien Pasca Inkubasi Libur Panjang
Sekertaris Satgas Covid -19 Kabupaten Kediri, Slamet Turmudzi (Foto: Anis Firmansyah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Angka Penularan Covid di Kediri Meningkat Tajam, Klaster Lebaran?

Satukanal.com, Kediri – Angka penularan Covid-19 di Kabupaten Kediri meningkat cukup drastis usai masa libur lebaran. Terhitung sejak Selasa 18 Mei 2021 angka paparan virus corona naik 100 persen.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri, Slamet Turmudzi mengatakan, pada Selasa 18 Mei 2021 penambahan kasus covid di Kabupaten Kediri berjumlah 6 orang, lalu meningkat pada hari Rabu sebanyak 12 orang.

“Dan pada hari sebelumnya Rabu (19/5) terjadi penambahan 12 pasien, dan pada hari Kamis, 20 Mei 2021, peningkatan kembali yakni sebanyak 15 orang,” jelas Slamet kepada Satukanal.com, Kamis, 20 Mei 2021.

Slamet melanjutkan, meskipun ada tambahan yang cukup signifikan pihaknya belum bisa menyebut tambahan yang ada merupakan klaster lebaran. Untuk mengetahui hal tersebut pihaknya baru akan tahu minggu depan.

Baca Juga :  Armada Bus Beroperasi, Penumpang Padati Terminal Tamanan  

Menurut Slamet, pada libur lebaran yang lalu Pemerintah Kabupaten Kediri bersama dengan pihak terkait telah menerapkan kebijakan sesuai dengan arahan pemerintah pusat, berupa larangan mudik lebaran yang dilaksanakan sejak pada 6-17 Mei 2021.

Ditambah pemberlakuan aturan tambahan, berupa pengetatan perjalanan mulai 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021. “Penerapan kebijakan tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran angka covid-19 di lingkup wilayah kabupaten Kediri,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan untuk fokus menekan laju penambahan angka covid-19, Pemerintah Kabupaten Kediri akan memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, yang dimulai sejak tanggal 18 Mei, sampai 31 Mei 2021.

Baca Juga :  Kembali Raih Prestasi WTP, Bupati Kediri Realisasikan Program Berbasis Tekhnologi

“Kita selalu berharap, untuk minggu depan semoga tidak ada penambahan kasus klaster-klaster baru,” tutupnya.

Dia pun berpesan kepada masyarakat agar selalu senantiasa mentaati aturan dari pemerintah. Jika masyarakat lalai, angka paparan covid akan terus melonjak tajam. “Tetap lakukan gaya hidup bersih dan pakai masker agar selalu terhindar dari covid ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui hingga hari ini jumlah keseluruhan pasien yang terkonfirmasi posistif ada sebanyak 4787 pasien, dengan rincian pasien sembuh ada sebanyak 4.272 orang, pasien meninggal sebanyak 467 dan pasien yang masih dirawat sebanyak 48 orang.

 

 

Penulis: Anis Firmansyah
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait