SATUKANAL.COM
Rapat kordinasi Pemkot Malang (Swandy)
BERITA

Angka Kemiskinan Di Kota Malang Menurun? Ini Kata Sutiaji

Satuchannel.com, Kota Malang – Tiga tahun terakhir ini, Angka kemiskinan di Kota Malang semakin menurun. Fakta tersebut diungkapkan BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Malang dalam rapat Koordinasi Pemkot Malang dengan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) di Ruang Rapat Staf Ahli Kota Malang, Kamis (7/9).

Menurut Wakil Wali Kota Malang, Drs.Sutiaji, rapat koordinasi ini diadakan guna mengurangi dan memerangi angka kemiskinan di Kota Malang.

“Yang jelas tujuannya adalah mengurangi angka kemiskinan,” katanya kepada awak media.

Berdasarkan data BPS, Sutiaji menyampaikan, angka kemiskinan Kota Malang Tahun 2016 sebesar 4,33 persen, meliputi sebanyak 37,03 ribu penduduk yang memiliki pengeluaran perkapita per bulan di bawah Rp.426.527.(Garis Kemiskinan).

Baca Juga :  Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional, Bagaimana di Indonesia?

“Jika dibandingkan dengan Tahun 2015, tingkat kemiskinan mengalami penurunan 0,27 persen poin, sedangkan garis kemiskinan naik 3,60 persen,” ungkapnya.

Saat ini Kota Malang memiliki tingkat kemiskinan terendah di Jawa Timur. Tingkat kemiskinan Jawa Timur Tahun 2016 sebesar 12,05 persen dengan Garis Kemiskinan Rp321.761.

“Sebenarnya masih jauh dari kata layak karna ini perhitungan angka nasional,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk menekan angka kemiskinan itu, Pemkot akan menyiapkan berbagai cara dengan melakukan pemberdayaan ekonomi.

Baca Juga :  Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional, Bagaimana di Indonesia?
Rapat kordinasi Pemkot Malang (Swandy)

“Dalam bentuk kongkritnya datang kemasyarakat melihat potensi yang ada, transfer pengetahuan dan skill
setelah itu mobilisasi pergerakan dikasih pendampingan secara sistemik dan dana,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Ia akan melakukan kolaborasi dengan dinas-dinas yang bersangkutan dan organisasi lain untuk proses manajemen produksi dan pemasaran.

“Kita akan suruh memetakan daerah miskin , karna selama ini tidak terprogram dengan baik berjalan ditempat dan dilepas begitu saja,” ungkapnya.(swan)

Kanal Terkait