Angka Kematian Covid-19 Turun 97 persen, Kabupaten Blitar Masuk Level 1 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Angka Kematian Covid-19 Turun 97 persen, Kabupaten Blitar Masuk Level 1
Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso (Foto: Dokumentasi Pemkab Blitar)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Angka Kematian Covid-19 Turun 97 persen, Kabupaten Blitar Masuk Level 1

Satukanal.com, Blitar – Kementerian Kesehatan merilis hasil asesmen terbaru mengenai situasi Covid-19. Hasilnya, sejumlah wilayah di Jawa Timur turun menjadi level 1.

Diketahui, wilayah level 1 di Jatim sebelumnya ada 21 dan kini bertambah menjadi 25 Kabupaten/Kota. Ke 25 wilayah yang telah turun level 1 tersebut salah satunya yakni, Kabupaten Blitar. Keberhasilan Kabupaten Blitar tersebut dikarenakan dapat menekan angka kematian akibat Covid-19 hingga 97 persen.

Sementara itu, sesuai hasil rilis asesmen situasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, 25 daerah kabupaten/kota yang masuk level 1 diantarannya:

  1. Kabupaten Blitar
  2. Kabupaten Tuban,
  3. Situbondo,
  4. Sidoarjo,
  5. Sampang,
  6. Ponorogo,
  7. Pasuruan,
  8. Pamekasan,
  9. Ngawi,
  10. Magetan,
  11. Lamongan,
  12. Kota Surabaya,
  13. Kota Pasuruan,
  14. Kota Mojokerto,
  15. Kota Kediri,
  16. Kota Blitar,
  17. Kota Batu,
  18. Kabupaten Kediri,
  19. Jombang,
  20. Jember,
  21. Gresik,
  22. Bondowoso,
  23. Bojonegoro,
  24. Banyuwangi,
  25. Lumajang.
Baca Juga :  Jelang HUT ke-76 TNI, Pangdam V Brawijaya Ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar

Diketahui, setidaknya ada 6 indikator yang digunakan dalam proses asesmen, yaitu kasus konfirmasi, rawat inap RS, kematian, testing, tracing dan treatment. Dari ke enam parameter tersebut, Jatim memenuhi standar memadai dari ketentuan WHO maupun Kemenkes RI.

Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh pihak, mulai Forkopimda, Satgas Covid-19, Dinkes, Rumah Sakit serta seluruh jajaran hingga desa dan masyarakat.

“Kita berhasil menekan laju penyebaran Covid-19, dengan disiplin prokes 5M, memaksimalkan 3T dan terus menggencarkan program vaksinasi untuk mencapai Herd Immunity,” ujar Wabup Rahmat.

Upaya yang dilakukan Pemkab Blitar mencegah penyebaran Covid-19 sudah menampakkan hasil yang signifikan, diantaranya menekan kasus positif harian positif dan angka kematian Covid-19 hingga 17 persen.

Baca Juga :  Waspada, Marak Aksi Pencurian Motor di Rumah Kos Kota Blitar

“Kita sudah level 1. Karena saat ini kita juga bisa menurunkan angka kematian Covid-19 hingga 97 persen. Mari kita jaga bersama Kabupatan Blitar, agar terus semakin baik dan menjadi zona hijau serta terbebas dari Covid-19,” terangnya.

Sebagai informasi, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, pun mengapresiasi kerja keras dan sinergi berbagai elemen strategis masyarakat. Namun, meskipun situasi covid-19 di Jatim makin melandai, Khofifah tidak ingin jumawa dan memilih untuk tetap mewaspadai dinamika pandemi Covid-19.

“Mohon tetap waspada, disiplin protokol kesehatan, serta lakukan percepatan vaksinasi,” ujar Khofifah.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait