Angka Kematian Akibat Covid di Kota Malang Terus Turun - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemakaman Jenazah Covid-19 Secara Mandiri Diberi Lampu Hijau!
ilustrasi pemulasaraan jenazah Covid-19 (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Angka Kematian Akibat Covid di Kota Malang Terus Turun

Satukanal.com, Malang – Ditengah masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, agaknya masyarakat Kota Malang bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menyebutkan, angka kematian akibat covid terus mengalami penurunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif membenarkan jika angka kematian di Kota Malang turun. “Kalau kematian tercatat 7,8 persen, sudah turun dari sebelumnya 10,1 persen,” ujar dr Husnul, Jumat (23/7/2021).

Tercatat, jumlah pasien yang menjalani isoman di Kota Malang sebanyak 1.634 orang. Data tersebut cenderung fluktuatif karena setiap harinya terdapat pasien yang telah selesai isoman maupun baru memulainya.

“Pasien isoman di Kota Malang, untuk saat ini, masuk dalam catatan terkonfirmasi positif dengan swab PCR. Jumlahnya 1.634 orang. Kalau berdasarkan hasil PCR, data masuk ke NAR (New All Record),” tambahnya

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur RSUD Kota Malang itu menjelaskan, terdapat mekanisme dari pihaknya soal pemerikasaan mandiri. Terutama bagi warga yang terkonfirmasi positif covid-19, baik dari hasil antigen maupun PCR.

Dalam hal ini pasien diwajibkan untuk memberitahu ke puskesmas lokasi tinggalnya, agar puskesmas tersebut melakukan pemantauan sehari-hari. Baik secara daring maupun sesekali datang pemantauan klinis dan pemberian obat-obatan, sehingga perjalanan klinis isoman dapat diketahui.

“Jika kondisinya diperlukan penanganan, maka dirujuk ke rumah sakit. Sehingga ini bisa mengurangi kasus-kasus yang terlambat untuk dilakukan penanganan,” jelasnya

Terkait data nol (0) dalam rilis Pemkot Malang beberapa waktu lalu, dr Husnul mengaku, data tersebut tidak bisa masuk secara langsung. Sehingga tidak sama dengan kondisi di lapangan, atau ada delay. Ditambah lagi dengan data pasien isolasi mandiri terkonfirmasi positif tetapi tidak melapor.

 

 

Pewarta: Chosa Setya Ayu Widodo
Editor: Ubaidhillah  

    Kanal Terkait