Angka HIV di Kabupaten Banyuwangi Menurun 50 Persen - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
images-0df63514
BERITA Kanal Straight

Angka HIV di Kabupaten Banyuwangi Menurun 50 Persen

Satukanal.com, Banyuwangi – Dinas Kabupaten Banyuwangi mencatat kasus penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) di tahun 2021 ini mengalami penurunan.

Kasi Pengendali dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, Sudarto Setyo mengatakan, berdasarkan data mulai Januari hingga Oktober penurunan terjadi 50 Persen di banding tahun 2020.

Kongkritnya menurut Sudarto dari total 555 penderita, kini menurun menjadi 286 warga penderita HIV.

Baca Juga :  Bermain dengan 10 Pemain, Persewangi Tundukkan Persikapro 2-1

“Jika dilihat dari data tersebut mengalami penurunan yang cukup drastis, dari tahun sebelumnya.” kata Sudarto, Rabu (27/10/2021).

Dia mengatkan, Dinkes selalu berupaya untuk menekan angka penderita HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan melakukan berbagai upaya pencegahan, melalui sosialisasi dan rutin melakukan tes HIV pada ibu hamil, warga yang menderita penyakit TBC, dan warga lainnya yang memiliki faktor resiko.

Diketahui dari hasil temuannya, yang terjangkit penyakit HIV itu kategori kelompok ibu hamil, dan kelompok faktor resiko.

Baca Juga :  Dongkrak Ekonomi Masyarakat DPU Pengairan Banyuwangi Harapkan Hippam dan BUMDes Berkolaborasi

“Kita mempunyai 52 layanan tes kesehatan HIV, dan kita akan terus berupaya semaksimal mungkin, dari 52 layanan tersebut kami menemukan kasus dengan kategori ibu hamil, faktor resiko dan semuanya tetap akan dijangkau. Ini kita lakukan untuk menekan angka penderitanya,” tandas Sudarto.

 

 

Pewarta: Abdul Konik 
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait