Ringankan Beban Psikologis, Anak Yatim Korban Covid-19 di Blitar Mendapat Trauma Healing - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ringankan Beban Psikologis, Anak Yatim Korban Covid-19 di Blitar Mendapat Trauma Healing
Pelaksanaan Trauma Healing bagi anak yatim korban Covid-19 (Foto: Gilang Bactiar/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Ringankan Beban Psikologis, Anak Yatim Korban Covid-19 di Blitar Mendapat Trauma Healing

Satukanal.com, Blitar – Puluhan anak yatim di Kota dan Kabupaten Blitar yang menjadi korban Covid-19 mendapat Layanan Dukungan Psikososial (LDP) pada Senin (12/10/2021).

Kegiatan LDP ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk meringankan beban psikologis terhadap anak yang ditinggal meninggal dunia orang tuanya, baik ditinggal ayah, ibu, maupun keduanya akibat Covid-19.

Kepala Seksi Pelayanan Sosial, UPT PSBR Blitar, Sukajar mengatakan sebanyak 25 anak di Kota Blitar mengikuti program tersebut. Sedangkan, untuk wilayah Kabupaten Blitar sebanyak 50 Anak.

“Karena ini masih pandemi, untuk yang diberikan LDP sebanyak 25 anak untuk Kota Blitar. Sedangkan, untuk kabupaten blitar tercatat sudah 50 anak,” ujarnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Siswa SD di Kota Kediri Bubuhkan Cap Tangan

Sukajar juga menambahkan, untuk pelaksanaan LPD dilakukan di Kecamatan Nglegok terhadap anak domisili kabupaten. Kemudian, untuk wilayah kota dilakukan di gedung Dinas Sosial Kota Blitar.

“Kalau di Kabupaten Blitar kita digelar di kantor Kecamatan Nglegok. Kemudian, untuk Kota Blitar digelar di gedung Dinas Sosial,” terangnya.

Trauma Healing untuk anak yatim korban Covid-19 (Foto: Gilang Bachtiar/ Satukanal.com)

Kegiatan LDP terhadap anak dalam keluarga korban Covid-19 yang digelar oleh UPT PSBR Blitar itu, melibatkan Jatim Sosial Care (JSC), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Jatim, Dinas Sosial Kota Blitar, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Tagana, Taruna Siaga Bencana, dan Satuan Bakti Pekerja Sosial Kota Blitar.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa kegiatan LDP diselenggarakan dalam rangka hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-76 tahun 2021.

Baca Juga :  Bupati Banyuwangi Bocorkan Strategi Pemulihan Ekonomi Dampak Covid

“Kalau sesuai data yang kita miliki, jumlah anak yatim dalam keluarga korban Covid-19 di Kota Blitar totalnya sebanyak 140 anak. Kalau Kabupaten Blitar sebanyak 302 anak,” ujarnya.

Dalam kegiatan LDP sendiri lebih banyak ke arah permainan. Misalnya, dinamika kelompok, role play serta permainan hiburan dan perang. Sukajar meyakini bahwa adanya orang tua meninggal juga berdampak terhadap psikologis anak.

“Mereka biasanya keluar rumah takut, dan ketemu orang juga takut. Ini yang perlu ditindaklanjuti. Kita mempunyai tenaga pilar-pilar, seperti Tagana, TKSK, PSM, dan lain-lain. Semuanya melakukan pendampingan,” tutupnya.

 

Pewarta : Gilang Bachtiar
Editor : Adinda

Kanal Terkait