Anak Tantrum Gadget, Ini Tips Mengatasinya | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Anak Tantrum Gadget, Ini Tips Mengatasinya
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Anak Tantrum Gadget, Ini Tips Mengatasinya

SATUKANAL.com, NASIONALTantrum merupakan salah satu kondisi dimana anak tidak dapat mengontrol dirinya ketika sedang menunjukan rasa ketidaknyamanan terhadap sesuatu yang dirasakan.

Tantrum sering kali digunakan oleh anak sebagai alat ketika keinginanya tidak di penuhi oleh orangtua. Baru-baru ini banyak ditemui kejadian kecanduan gadget pada anak, kecanduan tersebut dapat dilihat melalui respon anak saat gadget yang sedang dimainkan diambil oleh orang tuannya.

Gadget yang notabene tidak baik untuk diberikan kepada anak sebagai mainan kesehariannya. Orang tua dalam hal ini perlu menyadari bahwa pemberian gadget akan memberikan dampak buruk bagi kondisi tumbuh kembang anak.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi anak yang sedang tantrum terhadap gadget, orang tua sebaiknya memberi kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan motoriknya. Selain itu juga, orang tua harus berkomitmen untuk tidak banyak menggunakan gadget pada saat sedang bersama dengan anak.

Baca Juga :  Akses www.pln.co.id Login Untuk Klaim Bantuan Token Gratis Yang Dihentikan

Jika orang tua lebih banyak beraktivitas menggunakan gadgetnya, maka anak akan mengikuti dan mempelajari hal yang sama dari apa yang telah dilihatnya.

Peran orang tua dalam pendampingan anak juga sangat diperlukan, pendampingan tersebut dilakukan pada saat belajar maupun saat anak sedang bermain. Hal tersebut sangat bermanfaat agar hubungan anak dengan orang tua semakin erat.

Agar anak tidak mengalami tantrum, orang tua perlu belajar untuk memahami emosi dan perasaan yang tengah dirasakan anaknya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara, memberikan perhatian yang lebih pada anak, belajar untuk memberikan sikap yang baik kepada anak agar anak mendapatkan contoh yang baik pula.

Baca Juga :  1 Januari 2021, Iuran BPJS Kesehatan Akan Naik

Hal lain yang dapat dilakukan yakni dengan menemani sang anak serta melakukan hal-hal yang dapat membuat anak merasa tenang kembali. Misalnya dengan, memeluknya, mengusap kepalanya atau memegang tangan anak.

Setelah anak dalam kondisi tenang, coba untuk meminta anak untuk menjelaskan apa yang sedang ia rasakan. Setelah itu, coba untuk memberikan pengertian kepada anak dengan kata-kata yang mudah dipahami anak.

Penyebab anak mengalami tantrum karena anak merasa tidak diperhatikan oleh orang tuannya. Oleh sebab itu, selalu beri perhatian yang baik kepada anak dengan sikap yang membuatnya merasa nyaman. Jika perlu, buat jadwal juga untuk bisa memiliki quality time bersama.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait