SATUKANAL.COM
Muslimat NU Kabupaten Kediri
Foto : Anwar Anshori, Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Divisi Tekhnis dan Penyelenggaraan
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN POLITIK STRAIGHT NEWS

Anak Pramono Anung Mendapat Lawan di Pilbup Kediri?

SATUKANAL, KEDIRI – Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono dan Dewi Maria Ulfa Digadang-gadang akan mendapat lawan di Kontestasi Pilbup Kediri 2020.

Isu tersebut mencuat setelah ada sekelompok masyarakat mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menanyakan perihal pendaftaran Cabup, Cawabup di masa penambahan waktu pendaftaran.

Anwar Anshori, Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, saat dihubungi Satukanal.com membenarkan perihal kedatangan sekelompok orang tersebut. Namun kedatangannya di Kantor KPU hanya sebatas Bertanywa-tanya perihal persyaratan untuk mendaftar diri menjadi calon bupati.

“Iya benar bahwa tadi pagi ada yang konsultasi tetapi masih sebatas Tanya-tanya terkait dengan persyaratan ketika pendaftaran diperpanjangan.” Jelas Anwar.

Disinggung tentang siapa yang datang untuk melakukan konsultasi kepada KPU, Anwar enggan memberi tahu, karena beberapa orang tersebut datang tanpa membawa berkas B-KWK (Form Dukungan) yang menyatakan mereka dari partai mana ataupun siapa.

Baca Juga :  PPP Akhirnya Rekom Anak Pramono

“Ini tidak membawa berkas sama sekali. Itu artinya saya belum bisa menjawab ini benar apa tidak terkait identitasnya kan begitu,” ungkapnya.

“Namun tadi sudah saya sampaikan, kalau lebih lanjut konsultasi ini serius silahkan segera lengkapi data-data yang bersangkutan dan prasyarat yang menjadi pencalonan. Mengingat ini waktunya pendek. Maka penting untuk segera dilengkapi berkas syarat-syarat pencalonan,” tutur Anwar.

Ia mengatakan masih membuka konsultasi konsultasi oleh parpol maupun masyarakat mengenai Pendaftaran Cabub ini.

“Sudah saya jelaskan ke mereka, bahwa boleh parpol yang sudah mendaftarkan kemarin, bisa mendaftarkan lagi dengan pasangan yang berbeda dengan catatan telah menarik rekom kepada paslon sebelumnya.” Katanya.

Baca Juga :  Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Berikan Wawasan Peternak Ikan Cupang

Ia juga menuturkan semua persyaratannya masih sama seperti aturan diawal pendaftaran, kehadiran Dewan Pengurus di Tingkat Kabupaten/Cabang (DPC) ini wajib hadiri oleh Ketua dan Sekertaris dan Bapaslon.

Namun Anwar juga menjelaskan, apabila dalam pendaftaran ini tidak dilakukan oleh DPC, diperbolehkan digantikan oleh Dewan Perwakilan Pusat (DPP) sebagai pemberi mandat.

“Yang diberi mandat ini wajib Pengurus Pusat, dalam arti kata bahwa selain pengurus pusat yang ada di SK Kemenkumham tidak diperbolehkan.” Jelasnya.

Untuk diketahui waktu penerimaan dan penyerahan berkas perpanjangan ini menyisakan satu hari lagi, dan ditutup hingga tanggal 13 September pukul 24.00.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait