All England 2021, Tim Indonesia Dipaksa Mundur Dari Pertandingan. Ada Apa? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
All England 2021, Tim Indonesia Dipaksa Mundur Dari Pertandingan. Ada Apa?
Foto: badminton.ina
BERITA HIGHLIGHT KANAL VIRAL STRAIGHT NEWS

All England 2021, Tim Indonesia Dipaksa Mundur Dari Pertandingan. Ada Apa?

SATUKANAL.com, NASIONAL– Hastag All England menjadi trending topic di Twitter pagi ini, Kamis (18/03/2021). Pasalnya, seluruh perwakilan Indonesia dikeluarkan dari ajang All England 2021 itu. Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melalui akun resmi di instagram @badminton.ina, mengungkapkan penyebabnya. “Hal ini dikarenakaan saat penerbangan dari Istanbul ke Birmingham pada Sabtu (13/2/2021), terdapat salah satu penumpang yang terkena Covid-19,” tulisnya.

Diketahui bahwa tim dari Indonesia terdapat 6 perwakilan yang bertanding di hari pertama itu. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi wakil Indonesia pertama yang tampil. Ganda putra Merah-Pitih ini berhasil mengalahkan Matthew Clare/Ethan Van leeuwen dari Inggris dengan skor 21-12, 19-21, 21-9.

Kemudian, di sektor tunggal putra Indonesia ada Jonathan Christie yang berhasil ke babak keduua usai menyingkirkan tungggal putra Tailand, Kunlavut Vitidsarn degan skor 21-13, 24-22. Ada pula Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga lolos ke babak kedua. Setelah bertanding sengit dengan Ben Lane/Sean Vendy dari Inggris lewat rubber game 21-18, 19-21, 21-19.

Sebenarnya, masih ada tiga wakil Indonesia yang bertanding di hari yang sama, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Godwin Olofua/Anuoluwapo Juwon Opeyori, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Dhruv Kapila/Jakkampudi Meghana, dan Anthony Sinisuka Ginting vs Thomas Rouxel. Namun, Fajar/Rian, Praveen/Melati, dan Ginting gagal bertanding pada hari itu karena dinyatakan kalah WO.

Baca Juga :  Larangan Mudik 2021, Perjalanan Mendesak Berlaku SIKM

PBSI menyebut jika penyebab gagalnya mereka bertanding karena ada virus Covid-19, sehingga seluruh tim baik yang sudah bertanding atau belum harus dipaksa mundur dari All England 2021. “Terdapat penumpang yang terkena Covid-19 berada di satu pesawat yang sama dengan tim Idonesia. Namun, kami tidak diberi tahu siapa, berapa orang dan dari mana asal orang yang positif tersebut,” tulis PBSI di instagramnya.

Hal itu membuat tim Indonesia harus mengurungkan niatnya untuk bertanding dan mundur guna melakukan isolasi mandiri hingga 23 Maret 2021 di Crowne Plaza Birmingham City Centre. Menurut keterangan PBSI, hal itu sesuai dengan regulasi pemerintah Ingrris yaitu jika berada satu peswat yang sama dengan orang positif Covid-19 maka diharuskan untuk menjalankan isolasi selama 10 hari.

Sementara itu, Kemenpora mengungkapkan bahwa National Health Service (NHS) Inggris tdak berlaku diskriminatif dengan mendiskualifkasi pemain-pemain Indonesia dari All England. Keputusan itu, kata Kemenpora, diambil  semata demi menegakkan protokol kesehatan dan mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga :  Sambut Baik Larangan Mudik Idul Fitri 2021, Khofifah: Kami Setuju

“Meskipun sebelum berangkat, (atlet) sudah divaksin dua kali di Jakarta dan saat datang juga negatif saat di-swab, tetapi karena hasil tracing mengindikasikan pernah satu pesawat dengan orang yang diduga terpapar Covid-19, maka sesuai aturan, terpaksa harus terkena karantina tambahan,” tulis Kemenpora menjelaskan.

Dalam keterangan itu juga dijelaskan, baik dari panitia All England maupun BWF pun tidak bisa berbuat apa-apa karena hal ini sudah menjadi regulasi pemerintah Inggris. Sedangkan untuk keadaan seluruh timIndonesia dapat dipastikan dalam keadaan sehat dan baik-baik saja saat ini.

Kendati harus menyudahi perjuangan di All England 2021, Kemenpora berharap atlet-atlet bulu tangkis Indonesia tidak patah semangat. Kemenpora juga memastikan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London akan meminta klarifikasi dari NHS terkait aturan yang membuat tim Indonesia mundur dari All England.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait