SATUKANAL.COM
Aliansi Penegak Demokrasi
Mediasi aksi LSM dengan KPU Kabupaten Kediri (Foto; Anis Firmansyah)
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN POLITIK STRAIGHT NEWS

Aliansi Penegak Demokrasi Geruduk KPU Kabupaten Kediri Minta Legalkan Kampanye Kotak Kosong

SATUKANAL, KEDIRI – Belasan orang yang menamakan diri Aliansi Rakyat Penegak Demokrasi Bima Sakti mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri untuk meminta adanya aturan terkait Kotak Kosong dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020.

Karim Amrullah salah satu anggota aliansi mengatakan, kedatangannya di KPU hari ini adalah meminta adanya aturan kongkrit terkait adanya kampanye terhadap kotak kosong.

Selain itu, pihaknya juga meminta adanya saksi di Kotak Kosong, sebagaimana ada saksi di kotak suara milik calon bupati.

“KPU ini kan lembaga pemilihan, ketika ada kotak kosong masa tidak ada visi misinya, jadi kosong itu telah diatur negara, dan penyelenggara pemerintah harus terjadi sustainebel, jadi jika terpilih kotak kosong harus dijabat pejabat sementara,” katanya.

Baca Juga :  Puluhan Orang di Kabupaten Kediri Terjaring Razia Yustisi Didenda 100 Ribu

“Harusnya KPU memunculkan surat edaran baru terkait dengan tatakelola dan tahapannya,” lanjutnya.

Karim pun berharap KPU mau memberikan keputusan terkait tuntutan yang dilayangkan hari ini kepada komisioner.

“Harapannya KPU memunculkan secara teknis surat edaran baru terkait dengan tata kelola kotak kosong ini. Karena kalau tidak ada dalam aturan, maka hak masyarakat tidak bisa dipertahankan. Seharusnya KPU menyuarakan dengan jiwa, perasaan ,dan perbuatan, untuk menyelenggarakan pemilu.” tuturnya.

Sementara itu menanggapi tuntutan yang dilontarkan Aliansi Penegak Demokrasi Bima Sakti, Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan bisa atau tidak memberikan keputusan terkait tuntutan mereka, karena hingga saat ini belum ada keputusan pasti terkait pikada satu paslon melawan kotak kosong.

Baca Juga :  Sempat Menunggu 4 Jam Karena Kendala Surat Rekomendasi, Pendaftaran Dhito – Dewi Akhirnya Sukses

“Belum dipastikan calon tunggal, kami masih membuka perpanjangan pendaftaran sampai tanggal 9 September. Dan akan pendaftaran kembali tanggal 10, 11, dan 12 September,” katanya.

Ninik juga menjelaskan masih belum ada aturan untuk larangan maupun bentuk kampanye kotak kosong dari PKPU. Terkait dengan sosialisasi Kotak Kosong tersebut, Ia lebih menginginkan untuk menyampaikan aspirasi tersebut kepada KPUD Jawa Timur.

“Kita akan usulkan ke pimpinan daerah, karena di daerah hanya menjalankan keputusan pimpinan teratas.” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah

Editor : Redaksi Satukanal

 

 

 

    Kanal Terkait