Aksi Dukungan Moril, Bagi Tindak Kekerasan Jurnalis Tempo Surabaya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Aksi Dukungan Moril, Bagi Tindak Kekerasan Jurnalis Tempo Surabaya
Kanal Straight

Aksi Dukungan Moril, Bagi Tindak Kekerasan Jurnalis Tempo Surabaya

SATUKANAL.com, KEDIRI– Berbagai kalangan pegiat literasi, jurnalis, akademisi, mahasiswa dan seluruh masyarakat Kediri memberikan dukungan moril atas tindak kekerasan kepada jurnalis Tempo Surabaya.

Dukungan tersebut dilakukan dengan menggelar berbagai kegiatan pentas seni seperti pembacaan puisi, bernyanyi dan orasi. Di atas panggung terbuka, mereka menyuarakan kebebasan berpendapat dan berekspresi, berlokasi di Chocolata Cafe, Jl Slamet Riyadi Banjaran Kota Kediri.

“Dalam acara ini, masyarakat juga mendukung. Sekitar 20-an peserta dan tamu, ikut membantu dari awal,” ungkap Faisal Hendriyansyah, Perwakilan kaum literasi, ke satukanal.com, Rabu 31 Maret 2021.

Faisal juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian suara dan solidaritas. Atas kejadian tindak kekerasan kepada Jurnalis Tempo Surabaya beberapa hari yang lalu.

Menurutnya, tindak kekerasan kepada jurnalis seharusnya tidak dilakukan, dimana akan menimbulkan stigma pembungkaman pelanggaran. Terlebih, sebenarnya masyarakat juga tau adanya pelanggaran, namun tidak mempunyai fasilitas untuk menyampaikan.

“Kalau kita diam dan tak bersuara, mungkin kita akan mati sat persatu. Paling tidak suara kita harus tersampaikan dan tidak dibenamkan,” tutur Faisal.

Dalam acara ini terbuka bagi siapapun yang ingin bersuara menyampaikan aspirasi. Dengan aksi tampil di atas panggung, menurutnya, menjadi bagian penyampaian dari berbagai kasus yang berkembang dimasyarakat.

“Harapannya negara ini sadar, kalau itu salah. Dan belakangan kemarin, juga banyak kasus yang, tidak terselesaikan,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait