Akses Laman pedulilindungi.id Dan Siapkan NIK Untuk Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Akses pedulilindungi.id Dan Siapkan NIK Untuk Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Akses Laman pedulilindungi.id Dan Siapkan NIK Untuk Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

SATUKANAL.com, NASIONAL– Untuk mengetahui calon penerima vaksin covid-19 dapat dilihat melalui laman pedulilindungi.id secara online.  Laman tersebut digunakan untuk mengecek apakah sebagai salah satu warga Indonesia anda sudah termasuk dalam penerima vaksin gratis ini atau belum.

Pemerintah akan mulai memberikan vaksin covid-19 gratis kepada masyarakat Indonesia pada (13/11/2021). Maka, siapkan NIK KTP kemudian akses pedulilindungi.id/cek-nik. Dengan begitu, bisa diketahui bagaimana status kalian sebagai penerima vaksin gratis covid-19.

Setelah BPOM mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) diharapkan vaksinasi dapat mulai dilaksanakan. Meskipun dalam pelaksanaannya perlu dilakukan secara bertahap dengan menerapkan prinsip kehatian-hatian.

Pada tahap pertama vaksinasi gratis yang dilakukan oleh pemerintah, para tenaga medis merupakan sasaran pertama vaksin covid-19 yang diberikan secara gratis. Selain itu, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan juga akan mendapat vaksin covid-19.

Kelompok proritas penerima vaksi di tahap pertama yaitu 1,319 juta tenaga kesehatan serta penunjang pada seluruh fasiltas pelayanan kesehatan termasuk petugas tracing kasus covid-19.

Baca Juga :  3 Mahasiswa UNY Ciptakan Sosis Kaya Serat Dari Olahan Tempe&Jamur Tiram

Selanjutnya, untuk petugas pelayan publik esensial seperti TNI Polri, Satpol PP, petugas pelayan publik transportasi (petugas bandara, pelabuhan, KA, MRT dll), tokoh masyarakat dan tokoh agama kurang lebih sekitar 195 ribu orang.

Sedangkan untuk pemberian vaksin akan dilakukan sebanyak 2 dosis dengan interval 14 hari. Pemerintah juga membuat pengecualian bagi masyarakat yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin covid-19 sesuai indikasi vaksin covid-19 yang tersedia.

Begini cara cek calon penerima vaksinasi covid-19 gratis:

    • Akses laman Peduli Lindung dengan link https://pedulilindungi.id/cek-nik
    • Masukkan nomor NIK
    • Isi kode captcha kemudian ketuk selanjutnya
    • Akan muncul pemberitahuan status NIK apakah ssudah termasuk calon penerima vaksin gratis atau belum
    • Jika nama anda tidak tercantum, artinya anda beum termasuk dalam kelompok pertama penerima vaksin

Di laman itu, bagi para tenaga kesehatan yang belum terdaftar di periode ini juga diharapkan dapat melengkapi data berupa nama, NIK, alamat, nomor HP serta tipe Nakes. Lalu, dilengkapi dengan surat keterangan dari Kepala Fasyankes yang menerangkan bahwa anda adalah nakes dari fasyankes terkait. Data tersebut selanjutnya dikirimkan melalui email vaksin @pedulilindungi.id.

Baca Juga :  Nadiem Pastikan CPNS Guru 2021 Tetap ada, Namun Fokus Rekrut PPPK

Status penerima vaksin periode pertama juga telah diberitahukan pemerintah melalui SMS selain dapat di cek secara online. SMS  dikirimkan oleh Kementerian Kesehatan secara serentak kepada seluruh penerima vaksin covid-19 yang terdafar di tahap pertama sejak kamis (31/01/2020).

Aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, pada 28 Desember 2020.

Sasaran penerima SMA  adalah mereka yang namanya telah terdaftar dalam Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19). Setelah terdaftar dan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS, mereka akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektrinik emlalui aplikasi PeduliLindungi atau situs pedulilindungi.id. Atau untuk inforasi lebih leangkapnya dapat melakukan panggilan ke *119# untuk melakukan registrasi ulang.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait