Akankah Beli Mobil Via Online Bakal Jadi Tren 2021? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Akankah Beli Mobil Via Online Bakal Jadi Tren 2021?
BERITA

Akankah Beli Mobil Via Online Bakal Jadi Tren 2021?

SATUKANAL.com, NASIONAL– Industri otomotif seperti mobil menjadi salah satu satu industri yang terkena imbas paling signifikan akibat pandemi Covid-19. Kebutuhan kendaraan menjadi salah satu hal yang seakan paling dibutuhkan di masa seperti saat ini.

Hal tersebut lantaran, orang-orang enggan berinteraksi dengan orang yang belum mereka kenal. Apalagi dengan potensi penularan virus Covid-19 yang bisa terjadi dimana saja. Untuk itu, tak sedikit orang yang lebih memilih melakukan aktivitas di masa PPKM ini dengan menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil.

Penggunaan Transportasi Umum Menurun Saat Pandemi

Ipsos Group, sebuah perusahaan global market research dan konsultan yang berpusat di Paris, Perancis melakukan penelitian setelah Covid-19 outbreak di China. Survei yang dilakukan pada akhir Februari 2020 ini meneliti bagaimana virus Corona mempengaruhi kebiasaan masyarakat di China dalam bepergian. Disebutkan bahwa di China, jumlah penumpang bus disebut turun lebih dari 60 persen. Begitu juga pada penumpang kereta api dan taksi online.

Sedangkan di Jakarta, melansir dari Katadata dan Dinas Perhubungan (Dishub), penurunan penggunaan seluruh transportasi umum mencapai lebih dari 50 persen. Penurunan rata-rata jumlah penumpang harian angkutan umum perkotaan sebesar 22,83 persen. Kemudian untuk angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) menurun sekitar 43,85 persen.

Baca Juga :  Harus Dihindari! Ini Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Data Ipsos juga mencatat jika penggunaan transportasi umum menurun drastis karena adanya kesadaran tiap individu untuk tetap melindungi diri dari penularan Covid-19. Selain itu, adanya protokol kesehatan yang mengharuskan penerapan 3M yaitu menjaga jarak, menggunakan masker hingga membatasi aktifitas membuat masyarakat lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum.

Pembelian Mobil Meningkat

Catatan Ipsos menunjukkan adanya fakta jika penggunaan mobil pribadi meningkat hampir dua kali lipat, lantaran mobil pribadi dianggap lebih aman serta terjaga dari penularan Covid-19. Hal ini juga didukung oleh platform jual beli mobil online, Garasi.id mencatat bahwa pengukuran data internal ada kenaikan transaksi pembelian mobil secara online hingga 89 persen selama masa pandemi 2020.

Hasil Survei itu juga menyatakan, pandemi covid-19 mendorong pembelian mobil bekas secara online. Pembelian pada mobil bekas meningkat seiring pandemi covid-19 yang tak kunjung usai.

Dalam melakukan pembeliannya, para konsumen lebih memilih cara yang lebih praktis dan aman yaitu dengan menggunakan platform eCommerce ketimbang datang ke dealer. Konsumen juga lebih memilih beralih ke aplikasi, website dan media sosial sebagai salah satu langkah antisipasi resiko tertularnya covid-19.

Lebih lanjut, hasil survei Ipson menyebut bahwa masyarakat China yang belum memiliki mobil  sebanyak 66 persen dan mengatakan akan segera membelinya dalam 6 bulan ke depan. Sedangkan 77 persen para calon pembeli mengatakan bahwa memiliki mobil adalah salah satu cara agar aman dari risiko penularan virus Corona ketimbang menggunakan kendaraan umum

Baca Juga :  Catat! Ini 4 Sekolah Kedinasan Untuk SMK Yang Dibiayai Pemerintah
Prediksi tren 2021

Survei yang dilakukan Ipsos tersebut seakan bisa memberikan gambaran soal tren membeli mobil di tahun pandemi kedua ini baik untuk pasar Indonesia maupun global. Kecenderungan konsumen untuk menghindari penularan Covid-19 menjadi salah satu alasan adanya peningkatan penjualan mobil. Meski demikian, prediksi tren yang muncul di tahun 2021 ini yaitu pembelian mobil yang dilakukan secara online.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah dilakukan tahap vaksinasi kepada sejumlah pihak. Namun proses penanganannya masih harus memakan waktu hingga tahun 2022. “Butuh waktu dan proses penanganan masih harus memakan waktu hingga tahun 2022,” ungkap Budi Hidayat selaku Direktur Jenderal pencegahan dan Pengendalian penyakit Kemenkes dilansir dari Uzone.id.

Nah bagaimana menurut kalian? Apakah tren membeli mobil secara online ini bisa terjadi di tahun 2021?

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Sumber: https://garasi.id/, https://uzone.id/, https://katadata.co.id/, https://www.ipsos.com/en

Kanal Terkait