Akademisi Fakultas Peternakan UB, Ciptakan Pembuatan Bakso Kenyal dan Sehat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Akademisi UB Ciptakan Pembuatan Bakso Kenyal dan Sehat
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Akademisi Fakultas Peternakan UB, Ciptakan Pembuatan Bakso Kenyal dan Sehat

SATUKANAL.com, MALANG – Dilansir pada akun media sosial Instagram milik Universitas Brawijaya (UB). Akademisi dari Fakultas Peternakan UB, Ir. Aris Sri Widati, MS. Pada Penelitiannya tersebut membuat tepung rumput laut yang dijadikan sebagai bahan campuran pembuatan bakso.

Bakso adalah salah satu makanan yang banyak di jumpai di kawasan Kota Malang. Makanan satu ini juga sangat akrab di berbagai kalangan. Bakso tentunya memiliki tekstur yang beragam, ada yang bertekstur padat, adapula yang bertekstur kenyal.

Apakah terpikirkan membuat olehan bakso menggunakan tepung rumput laut agar tekstur lebih kenyal ?

Pembuatan tepung rumput laut dengan rumput laut (Eucheuma cottonii) memiliki kappa karagenan yang dapat berperan untuk mengenyalkan, menstabilkan dan mengikat air dalam proses pembuatan bakso.

Baca Juga :  Mulai Tahun 2021 Ini, Kemensos RI Resmi Hentikan Santunan Kematian Akibat Covid-19

Rumput laut juga kaya akan kandungan serat dan memiliki beragam khasiat. Salah satunya dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan. Dengan komposisi tertentu, kombinasi tepung rumput laut, tapioka dan garam akan menghasilkan bakso yang lebih kenyal dan lebih sehat.

Pada penelitian tersebut juga menyertakan beberapa manfaat dari bahan-bahan yang dibuat seperti, Rumput laut mengandung kappa karagenan yang berperan sebagai pengenyal, penstabil, dan pengikat air dalam pembuatan bakso. Rumput laut juga kaya serat larut dan mampu mengurangi kadar kolesterol, mengatur gula darah, mencegah kanker usus dan menurunkan berat badan serta manfaat dari Tepung tapioka berperan sebagai gelatinisasi pati yang mempengaruhi tekstur daging. Sementara garam NaCl bermanfaat untuk pengawetan daging dan meningkatkan rasa dan tekstur produk.

Baca Juga :  Mutasi Awal Tahun 2021, Pemkot Malang Lantik Sebanyak 31 Pejabat

Pada penelitiannya tersebut juga menyertakan beberapa cara agar bakso memiliki tekstur kenyal seperti, memilih daging yang tepat. Kekenyalan dari bakso juga dipengaruhi oleh daging yang dipakai. Kualitas dari bakso sendiri juga ditentukan berdasarkan formulasi bahan penyusun, proses produksi bakso serta cara penyimpanannya.

“Jadi, kombinasi tepung rumput laut dan tepung tapioka serta garam dalam pembuatan bakso menghasilkan bakso yang lebih kenyal,” Ujar Aris Sri Widati.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait