SATUKANAL.COM
BERITA

Ajak Peduli Lingkungan Sejak Dini, Ratusan Murid Lepas Bibit Benih Wader

Satuchannel.com, Kota Batu РDalam rangka menyambut Hari peringatan 1 Muharram 1439 Hijriah, warga Dusun Macari,  Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu turun aksi sebar benih ikan Wader di Bumbungan Macari. Hal ini salah satu upaya pelestarian sekaligus pembelajaran mata pelajaran muatan lokal pengetahuan lingkungan di sekolah yang sempat dihapuskan.

Acara berlangsung dengan pelepas liaran 1.439 benih ikan wader oleh 200 anak Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum bersama dengan walimurid. Jumlah tersebut disesuaikan dengan tahun baru hijriah.

Hal ini, selain sebagai peringatan juga sebagai bentuk keprihatinan terhadap mata pelajaran muatan lokal khususnya bidang pengetahuan lingkungan hidup yang sempat dicabut pemerintah beberapa waktu lalu akibat mengandung konten porno. Hingga saat ini belum ada materi pelajaran pengganti padahal Kota Batu merupakan kota wisata dengan keeelokan alam wisatanya.

Baca Juga :  Ratusan Relawan Lingkungan Bersihkan Sungai Mantren Kabupaten Kediri

“Di lingkungan Kota Batu yang agak mirip dalam konten lingkungan hidup dan mengalami degradasi yang besar. Kita ingin mengutarakan. Jika sebelumnya sempat lepas burung Pipit dan tabur ikan dengan jumlah yang disesuaikan dengan tahun hijriah. “Ujar Ulul Azmi Kepala Sekolah MI Darul Ulum Kota Batu.

pelepasan ikan wader (dion)

Lebih lanjut Ulul, mengatakan pentingnya edukasi lingkungan kepada anak anak sejak dini. Hal ini mengingat Kota Batu sebagai kota wisata yang erat kaitannya dengan pesona alam.

Baca Juga :  Ratusan Relawan Lingkungan Bersihkan Sungai Mantren Kabupaten Kediri

“Kota batu ini kan kota wisata, dimana magnetnya adalah keelokan alamnya lewat pesona yang di unggulkan. Hal ini berkaitan kelestarian lingkungan. Jika kita bicara pada yang dewasa saja , maka akan menyentuh permukaan masalahnya saja, jika kita bisa merangkul anak muda tentu akan lebih mengena. Kami tidak mau anak – anak diajarkan materi sampah yang tidak berguna,” ujarnya.

Wader dipilih sebagai indikator Bio yang baik untuk mengetahui tingkat pencemaran lingkungan khususnya air. Selain sebagai indikator juga turut melestarikan ikan endemik asli Kota Batu ini.(dion)

Kanal Terkait