Ajaib, Puluhan Tahun Tenggelam, Tempat-Tempat Ini Kembali Muncul - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Ajaib, Puluhan Tahun Tenggelam, Tempat-Tempat Ini Kembali Muncul

Tempat-tempat kuno tentunya sudah banyak yang rusak termakan waktu ataupun rusak terkena bencana alam.

Contohnya saja legenda Atlantis yang akhirnya tenggelam di dasar laut. Selain itu, masih ada beberapa tempat lagi yang tenggelam.

Namun ajaibnya, terdapat lima tempat yang kembali muncul ke permukaan setelah berpuluh-puluh tahun tenggelam. Inilah tempat-tempat tersebut.

1. Desa Epecuen

Ajaib-Puluhan-Tahun-Tenggelam-Tempat-Tempat-Ini-Kembali-Muncul1ab73374a03dee5ab.jpg

Sebuah daerah di Argentina, bernama Desa Epecuen, selama 25 tahun tenggelam di dasar laut seperti halnya legenda Atlantis yang hilang di relan air. Namun setelah 25 tahun tenggelam, air yang menenggelamkan kawasan tersebut akhirnya surut dan membuat Epecuen Kembali muncul

Tenggelamnya Epecuen bermula dari hujan lebat yang turun pada 10 November 1985. Hujan yang terus mengguyur membuat penampung air di sana tak cukup sampai akhirnya tak mampu membendung air yang terus tertampung.

Tak pelak, kawasan tersebut tenggelam oleh air asin setinggi 10 meter. Karena itu, 1.500 penduduk di kawasan tersebut pergi meninggalkan kawasan Epecuen. Dari kawasan dataran tinggi, yang nampak hanyalah bentangan air.

Ratusan rumah, guest house, hotel, restoran yang menyemut di kawasan tersebut akhirnya musnah ditelan air. Epecuen sendiri sebenarnya adalah tempat wisata yang dahulunya ramai dikunjungi turis. Di sana juga dipercaya memiliki laguna yang airnya bisa menyembuhkan depresi dan penyakit kulit.

2. Temple of Santiago

Ajaib-Puluhan-Tahun-Tenggelam-Tempat-Tempat-Ini-Kembali-Muncul37179e916aca4d773.jpg

Gereja yang berada di kawasan Meksiko ini memang sudah lama tenggelam di bawah permukaan air sejak selesainya pembangunan Aaduk Nezahualcoyotl di Chiapas pada tahun 1966.

Bahkan karena hujan, gereja ini tenggelam sampai kedalaman 30 meter. Namun kekeringan yang melanda Meksiko akhirnya membuat air yang menenggelamkan bangunan tersebut surut dan memunculkan kembali gereja itu.

Hal itu juga memancing wisatawan untuk datang ke tempat tersebut dan merasa penasaran dengan kondisi bangunan yang sudah lama tenggelam itu.

Dilansir dari Huffington Post gereja ini sengaja diabaikan karena bangunan gereja tersebut mengalami plak yang mengganggu struktur bangunan. Sampai akhirnya bangunan tersebut sengaja ditenggelamkan.

Bangunan gereja ini sendiri memiliki tinggi 55,7 meter dengan lebar 12 meter. Gereja ini juga memiliki menara lonceng. Tenggelam dan munculnya gerejanya ini ternyata memang bukan yang pertama, namun sudah terjadi kali kedua.

3. Jal Mahal Jaipur, India

Ajaib-Puluhan-Tahun-Tenggelam-Tempat-Tempat-Ini-Kembali-Muncul4d1c063daf2532fb3.jpg

Sudah bukan rahasia jika India memiliki tempat wisata yang menawan. Salah satunya adalah Jal Mahal, sebuah istana yang terletak di tengah Danau Man Sagar di Kota Jaipur, India.

Jal Mahal merupakan bangunan bertingkat lima dengan empat lantai berada di bawah air. Tenggelamnya empat lantai tersebut karena India pernah mengalami kekeringan parah sehingga kawasan Danau Man Sagar harus mengalami perluasan. Dan perluasan tersebut akhirnya sampai ke tempat dibangunnya Jal Mahal.

Pemerintah juga telah memulai proyek renovasi yang berlangsung selama enam tahun. Untuk renovasi, juga dikerahkan arsitek terbaik dari negara tersebut. Hal itu guna mengembalikan kejayaan Jal Mahal seperti dulu kala.

Dari struktur bangunannya, material istana itu dibuat dari batu, pasir dan dinding. Bangunan tersebut dibuat sekitar 300 tahun lalu. Jal Mahal didirikan pada pertengahan abad ke-18 oleh Maharaja Madho Singh I. Istana ini digunakan sebagai tempat singgah saat ia dan keluarga kerajaan pergi berburu.

Sementara itu, saat ini, tempat tersebut sudah dijadikan tempat umum. Dan para wisatawan diperbolehkan untuk bisa mengunjungi tempat tersebut secara dekat.

4. Gereja Saint Nicolas

n02c6826438fc59b5.jpg

Tak jauh dari Pegunungan Balkan di Makedonia, terbentang Danau Mavrovo, taman nasional yang terkenal karena di situ ada Gereja St. Nicholas. Gereja tersebut pernah tenggelam di dalamnya.

Gereja kuno ini dibangun pada 1850-an dan berdiri selama lebih dari 150 tahun sampai akhirnya pemerintah Yunani memutuskan untuk membuat danau buatan di sekitar gereja untuk menyuplai air pada pembangkit tenaga listrik lokal.

Pada 2003, gereja ini tenggelam sepenuhnya di dalam air. Namun, karena perubahan iklim di area tersebut, Gereja Saint Nicholas ini kembali muncul seiring terus surutnya air.

5. Potosi

Ajaib-Puluhan-Tahun-Tenggelam-Tempat-Tempat-Ini-Kembali-Muncul5d6311863bb198d66.jpg

Potosi merupakan sebuah tempat atau kota di Venezuela. Kota tersebut dulunya menang sengaja ditenggelamkan oleh pemerintah untuk pembangunan pembangkit listrik pada 1945.

Namun sekitar 30 tahun kemudian, kekeringan menyebabkan debit air di tempat tersebut menurun secara drastis hingga kembali memunculkan tempat yang dulu tenggelam. Yakni sebuah gereja yang dulunya saat tenggelam hanya menyisakan salib yang terlihat. Saat ini tampak secara utuh dengan kompleks pemakaman di sekitarnya.

6. Xuanping

Ajaib-Puluhan-Tahun-Tenggelam-Tempat-Tempat-Ini-Kembali-Muncul649d7076aa67ccca1.jpg

Gempa bumi berkekuatan delapan skala Richter pernah melanda Desa Xuanping di China. Hal tersebut lantas membuat permukaan seluruh desa terendam oleh air dari laut yang meluap ke daratan.

Banyak bangunan di desa tersebut akhirnya tenggelam hingga bertahun-tahun. Namun seiring berjalannya waktu, permukaan air di desa tersebut surut dan membuat kawasan yang dulu tenggelam kini perlahan muncul.

Kanal Terkait