Ahli Epidemiologi Prediksi Puncak Covid-19 di RI Terjadi diPertengahan 2021 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ahli Epidemiologi Prediksi Puncak Covid-19 di RI Terjadi diPertengahan 2021
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ahli Epidemiologi Prediksi Puncak Covid-19 di RI Terjadi diPertengahan 2021

SATUKANAL.com, NASIONAL – Korban positif Covid-19 di beberapa wilayah Indonesia yang kembali meningkat, Pandu Riono selaku Ahli epidemiologi (wabah) menyampaikan bahwa, kasus Covid-19 di Indoneisa masih akan terus naik di awal 2021.

Ahli epidemiologi tersebut juga menjelaskan bahwa, puncak dari peningkatan pandemi Covid-19 nantinya diperkirakan akan terjadi pada pertengahan tahun 2021.

Penentuan tersebut didasarkan pada tingkat kecepatan penularan yang terjadi di awal tahun 2021 ini. “Kalau tidak melakukan penanganan secara serius kemungkinan akan terus sampai 2021, pertengahan atau awal semester pertama baru puncaknya,” Ujar Pandu Riono.

Pandu juga menyampaikan, saat ini yang terpenting bagi semua pihak adalah memastikan penularan pandemi Covid-19 ini dapat terhenti. “Sebab, pandemi bukan selesai karena kalender” Ujarnya.

Menurutnya, proyeksi peningkatan pasien positif Covid-19 akan terjadi apabila penanganan pandemi Covid-19 masih lambat seperti saat ini. Dilihat dari kurva penyebaran sejak awal Maret, belum ada tanda-tanda kurva akan melandai.

Baca Juga :  BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan 2021 Segera Cair. Begini Syaratnya

Ia mengatakan, apabila dari sisi penanganan pandemi tak kunjung serius, ia khawatir pada titik puncak tahun depan, infeksi harian tertinggi dapat mencapai 60 ribu kasus.

Pandu juga menjelaskan, angka penularan baru dapat melandai setelah puncak tahun 2021, yakni mulai akhir 2021 hingga awal 2022 mendatang.

Dalam hal ini, peran dari Pemerintah merupakan salah satu hal terpenting. Pemerintah diharap lebih agresif dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 ini.

Pandu juga menyampaikan, tak perlu khawatir soal gelombang kedua dulu, yang harus diupayakan adalah tetap fokus pada penanganan penyebaran gelombang pertama yang hingga saat ini pun tak kunjung menunjukan kurva yang melandai.

Baca Juga :  Warga Kampung Dalem, Pendonor Plasma Konvalesen Pertama Penyembuhan Pasien Covid-19 di Kota Kediri

“Seakan-akan kurva pandemi kita ditentukan oleh belas-kasihan virus SARSCOv2. Kita yang harus menentukan! Kalau kita ingin kurva melandai pertengahan tahun 2021, kita perlu Renstra & Implementasikan dengan kerja keras bersama-sama. Tanpa Rencana, nasib NKRI tak jelas,” Ujarnya.

Ia juga mengatakan, Pengendalian virus Covid-19 harus bergerak dua arah, tidak hanya tanggung jawab dari pemerintah, namun peran dari masyarakat juga sangatlah penting.

Menurutnya, pengendalian penyebaran pandemi Covid-19 yang paling efektif yakni dengan, disiplin menerapkan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait