Agenda Sambang Wisata&Sambang Produk Bupati Sanusi, Upaya Kembangkan Potensi Kabupaten Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Agenda Sambang Wisata&Sambang Produk Bupati Sanusi, Upaya Kembangkan Potensi Kabupaten Malang
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Agenda Sambang Wisata&Sambang Produk Bupati Sanusi, Upaya Kembangkan Potensi Kabupaten Malang

Satukanal.com, Malang – Pada periode kedua H. M Sanusi yang menjabat sebagai Bupati Malang, turut mengagas berbagai program prioritas. Salah satunya adalah Sambang Wisata yakni agenda menyambangi setiap objek wisata yang ada di tiap-tiap kecamatan di Kabupaten Malang.

Agenda Sambang wisata ini dilakukan demi melihat potensi wisata di beberapa wilayah Kabupaten Malang. Sehingga, potensi wisata tersebut nantinya bisa dikembangkan. Program ini sudah berjalan sejak satu minggu yang lalu. Rencananya, Sanusi akan menjalankan program ini secara rutin setiap hari Sabtu.

“Sambang Wisata sudah direalisasikan dari Sabtu kemarin, Itu akan dilakukan setiap hari Sabtu,” Ungkap Sanusi.

Bupati Sanusi dikabarkan juga akan melakukan peninjauan potensi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang pada Sabtu (6/3/2021). Agenda Sambang wisata di Pujon ini dilakukan guna melanjutkan program sambang wisata sebelumnya.

“Nanti, Sabtu (6/3/2021) depan gantian ke arah Pujon” Ujar Bupati Sanusi.

Selain program Sambang Wisata yang akan dilakukan setiap hari sabtu, program ini juga akan dikolaborasikan dengan program Sambang Produk. “Diharapkan nanti kita mengetahui setiap potensi wisata yang bisa dikembangkan di setiap kecamatan ini untuk kita kolaborasikan dengan program yang lain tentang infrastruktur. Jadi akan ada Sambang Wisata dan Sambang Produk,” tuturnya.

Baca Juga :  11 Daerah di Jawa Timur UMK Tak Naik, Kota Malang Naik Rp 75.000

Sanusi menjelaskan bahwa, tujuan dari program ini, karena dirinya ingin setiap desa memiliki minimal satu produk dan satu destinasi wisata. Program sambang wisata juga selaras dengan visi, misi pasangan SanDi (Sanusi-Didik) saat aktif berkampanye ketika mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020 lalu.

Program tersebut yakni, mewujudkan program One Village One Destination and One Village One Product atau Program minimal satu desa satu wisata dan satu produk. “Tujuannya untuk program one village one produk, one village one destination” Ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Malang juga akan melakukan peninjauan terkait dengan potensi-potensi lainnya yang ada di setiap kecamatan. Salah satunya adalah potensi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola oleh masyarakat Kabuapten Malang.

Baca Juga :  Capai 18,53 Persen, Penjual Eceran di Malang Alami Peningkatan

Adanya program ini, Sanusi berharap agar setiap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di setiap desa bisa bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di sana.

Dengan adanya kemajuan pariwisata, harapannya mampu menopang pembangunan dan peningkatan perekonomian serta peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Harus ada keseriusan dalam pengelolaan. Semuanya harus bekerjasama, sehingga bisa berkembang sesuai yang diinginkan,” Ungkapnya.

Sebagai informasi, program sambang wisata ini sudah dirintis Bupati Sanusi semenjak pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih tertunda. Tepatnya semenjak tugasnya sebagai Bupati Malang digantikan oleh Pelaksana harian (Plh) pada 17 Februari 2021 lalu. Dirinya juga mengaku telah rutin melakukan sambang wisata.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Recaksi Satukanal

Kanal Terkait