SATUKANAL.COM
BERITA

Aduh, BPOM Temukan Dua Makanan Positif Boraks Di Pasar Batu

Satuchannel.com, Kota Batu – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sidak di Pasar Batu terkait makanan yang berbahaya, pada Selasa (25/7). Dari sidak tersebut pihak BPOM menemukan dua sampel makanan yang positif mengandung zat berbahaya.

Staf Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen, BPOM Surabaya, ER Luna Widyanti menyatakan dua sampel tersebut yakni krupuk tempe kedelai dan krupuk pulisi beras positif mengandung boraks.

Dari Sidak yang dilakukan di Pasar Batu, BPOM Surabaya mengambil secara acak sampel dari pedagang. Total ada sekitar 25 makanan yang diuji apakah mengandung boraks, rodamin B, dan formalin.

Baca Juga :  Gugus Tugas Kecamatan Ngasem Sidak Pasar, Pengunjung Yang Tak Taat Protokol Diusir hingga Diberi Sanksi Sosial
BPOM lakukan uji sampel mamin (Swandy)

“Dari uji tersebut, dua makanan positif mengandung boraks. Tadi kami ambil sampelbta secara acak ke pedagang.” jelas Erlina.

Adapun jenis makanan yang diambil sampelnya yakni cincau, tahu, ikan asin, lupis, mie pangsit, kolang – kaling, krupuk puli beras, kue basah, dan krupuk tempe.

Erlina pun menghimbau setiap UPT Pasar ataupun pemerintah daerah yang terkait memiliki alat untuk uji keamanan. Oleh karenanya, BPOM Surabaya akan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait uji keamanan menggunakan alat uji, harapannya pihak pasar bisa melakukan uji keamanan sendiri berikutnya.

Baca Juga :  Pasar Pahing Resmi Dibuka, PD Pasar Gencarkan Sosialisasi Covid Disetiap Sudut Pasar
UPT Pasar Batu (Swandy)

“Idealnya seperti itu, setiap daerah punya alat untuk uji makanan. Agar bisa memonitoring makanan dan minuman yang dijual di pasar dari tingkat keamanannya,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Batu, Ali Erfan mengungkapkan uji makanan pernah dilakukan oleh pihak pasar Sebelumnya di Pasar Batu.  “Ya tentu hasil temuan ini akan kami tindaklanjuti. Karena ini baru pertama, monitoring kepada pedagang juga akan kami lakukan,” kata Ali. (Swd)

Kanal Terkait