Ada Perubahan, Cek Kembali Masa berlaku SIM - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ada Perubahan, Cek Kembali Masa berlaku SIM
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ada Perubahan, Cek Kembali Masa berlaku SIM

SATUKANAL.com, NASIONAL– Masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) hanya berlaku selama lima tahun. Jika sebelumnya masa berlaku SIM bedasarkan tanggal lahir pemilik, maka kini berdasarkan waktu terbitnya.

Hal tersebut sesuai dengan surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.11/2019 dimana kadaluwarsa SIM kini bergantung pada tanggal pencetakannya. “Masa berlaku SIM ialah lima tahun sejak diterbitkan, bukan berdasar tanggal lahir lagi,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Untuk itu, ia menyebut bahwa pemilik SIM harus lebih jeli dalam melihat dan mengingat waktu pencetakan SIM, sehingga saat perpajangan tidak akan terlambat . Apalagi SIM merupakan syarat pemilik kendaraan agar bisa berkendara di jalanan dengan baik dengan menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan roda empat. Tentu, keberadaan SIM menjadi sesuatu yang penting bagi mereka.

Baca Juga :  Perhatikan Formasi Sekolah Kedinasan 2021, Manakah Yang Berpeluang Besar?

Sedangkan bagi pemilik SIM yang terlambat melakukan perpanjangan, walaupun hanya satu hari saja maka harus membuat SIM baru dengan prosedur yang berbeda ketika melakukan perpanjangan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2021 Pasal 28 ayat (3) tentang perpanjangan SIM dan surat telegram ST/985/IV/2016 tanggal 20 April 2016 huruf BBB poin 3.

Meski begitu, dalam melakukan perpanjangan SIM ada dokumen serta persyaratan  yang harus dipenuhi. Dokumen ini antara lain, SIM alamat, KTP Asli dan fotokopi, tes kesehatan serta tes psikologi.

Baca Juga :  Makan Sahur Saat Imsak Berkumandang, Bolehkah?

Adapun, biaya yang harus dikeluarkan untuk perpanjangan SIM yaitu tergantung pada setiap jenis SIM. SIM A, SIM B1, SIM B2 dikenakan biaya 80 ribu rupiah. Kemudian untuk SIM C, SIM C1, SIM C2 dikenakan tarif 75 ribu rupiah. Selanjutnya Sim D dan Sim D khusus sebesar 30 ribu rupiah. Serta Sim Internasional bertarif 225 ribu rupiah.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait