SATUKANAL.COM
BERITA

Ada Kereta Mudik Gratis Malang-Banyuwangi, Simak Cara Dapat Tiketnya

Warga perantau asal Banyuwangi yang tinggal di Kota Malang bisa menghemat pengeluaran untuk mudik Lebaran 2019 mendatang. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan angkutan mudik dan balik gratis bagi masyarakat pengguna moda transportasi kereta api.

Angkutan itu disediakan sebagai salah satu upaya untuk membantu kelancaran mobilitas masyarakat Jatim dalam merayakan Hari Raya Idhul Fitri 1440 H. Untuk wilayah Malang, yang disiapkan untuk mudik gratis adalah Kereta Api (KA) Tawang Alun relasi Malang-Banyuwangi.

Manajer Humas PT KAI Daops 8 Surabaya, Suprapto mengungkapkan bahwa program ini merupakan wujud kepedulian untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat. “Kami menyambut baik kerja sama dengan Pemprov Jatim dalam mewujudkan program yang pro kerakyatan ini,” ucap Suprapto.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Dia menguraikan, KA Tawang Alun mudik gratis ini berlaku mulai 31 Mei hingga 4 Juni 2019. Sedangkan untuk keberangkatan kereta balik gratis, berlaku mulai 7 Juni hingga 10 Juni 2019. “Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan dengan menggunakan angkutan massal ini,” terangnya.

Selain mempermudah akses masyarakat, penyediaan angkutan mudik gratis itu juga untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas. “Sehingga, dapat mengurangi kemacetan akibat tingginya mobilitas selama masa angkutan Lebaran 2019,” tambahnya.

Suprapto menguraikan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket angkutan mudik dan balik gratis dapat melakukan pemesanan tiket di stasiun online yang dilewati KA Mudik Balik Gratis. Pemesanan tiket mudik balik gratis dilayani mulai pukul 09.00-16.00 WIB. “Untuk pemesanan KA Tawang Alun bisa dilakukan H-60 atau mulai tanggal 1 April 2019,” ujar Suprapto.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Untuk pemesanan di stasiun, sambungnya, wajib mengisi form pemesanan yang telah disediakan di setiap stasiun. Pengisian itu meliputi nama dan data penumpang.

Selain itu, tiket mudik balik gratis itu tidak dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, internet, maupun channel eksternal lainnya. “Syaratnya, satu pemesan maksimal empat tiket, serta tiket tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain,” imbuhnya.

Di wilayah Daops 8, selain KA Tawang Alun, program mudik balik gratis ini juga berlaku untuk KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi dengan jumlah total perjalanan sebanyak 174 perjalanan. Rinciannya, 97 perjalanan KA arus mudik, dan 77 perjalanan KA arus balik. Sementara total kapasitas daya angkut mencapai 11.881 tempat duduk per hari.

Kanal Terkait