9 Bagian Tubuh Yang Terdampak Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
9 Bagian Tubuh Yang Terdampak Covid-19
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

9 Bagian Tubuh Yang Terdampak Covid-19

Satukanal.com, Nasional – Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, membuat beberapa bagian tubuh dari pasien Covid-19 ikut terdampak dan mengeluhkan adanya penurunan kondisi tubuh.

Di Indonesia sendiri tercatat pada Minggu (24/01/2021) sebanyak 989.262 orang telah terinfeksi virus Covid-19. Adanya peningkatan pasien positif Covid-19 di Indonesia, beragam cara turut dilakukan oleh Pemerintah salah satunya dengan mewajibkan masyarakat untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak).

Upaya lain yang dilakukan Pemerintah guna menekan tingkat penyebaran Covid-19 ialah, menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku bagi provinsi Jawa dan Bali.

Sebagian besar masyarakat telah mengetahui bahwa virus Covid-19 ini akan menyerang organ paru-paru penderita, yang menyebabkan gejala batuk-batuk hingga sesak nafas. Namun, faktanya tak hanya organ paru-paru saja yang terdampak.

Dikutip dari laman Pandemic Talks terdapat beberapa organ tubuh lainnya yang juga diserang oleh virus Covid-19. Apa saja ? Berikut penjelasan yang telah dirangkum Satukanal.com.

1. Paru-paru

Bagi penderita Covid-19, virus ini memang secara langsung akan menyerang organ paru-paru. Hal tersebut disebabkan karena, sistem kekebalan tubuh beraksi menyerang virus dan secara tak sengaja, sistem kekebalan tubuh juga turut menyerang organ paru-paru.

Sel-sel kekebalan tubuh atau sel imun berkerumun dan alveoli (rongga berbentuk cekung yang dikelilingi oleh banyak kapiler kecil) meradang, yang dindingnya rusak selama serangan virus corona. Hal ini mengurangi fungsi pengambilan oksigen. Sehingga pasien positif Covid-19 mengalami gejala batuk, suhu tubuh meningkat, hingga kesulitan bernapas.

2. Hati

Pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit memiliki tingkat enzim yang menandakan hati tengah berjuang melawan virus tersebut. Adapun pada organ ini, sistem kekebalan yang bekerja terus-menerus dan obat-obatan yang diberikan untuk memerangi virus yang dimungkinkan menyebabkan kerusakan.

Baca Juga :  Dinkes Tancap Gas, Kejar Ketertinggalan Vaksin Dosis 2
3. Jantung dan Pembuluh Darah

Virus Covid-19 juga dapat menyerang organ jantung dan sel pembuluh darah pasien. Bahkan dari hasil penelitian mengatakan bahwa, virus tersebut dapat bersembunyi di dalam sel pembuluh darah. Sehingga mengakibatkan fungsi sel pembuluh darah dapat terganggu.

Saat virus Covid-19 tersebut sudah memasuki sel, kemungkinan virus juga akan masuk ke dalam lapisan pembuluh darah, dengan mengikat reseptor ACE2 (enzim yang menempel pada permukaan luar) pada permukaan sel. Infeksi juga dapat meningkatkan pembekuan darah, peradangan jantung hingga serangan jantung.

4. Otak

Saat ini belum ditemukan penelitian pasti yang menyatakan virus Covid-19 dapat merusak sistem saraf di otak. Namun, beberapa pasien positif Covid-19 ditemukan mengidap gejala delirium.

Gejala delirium sendiri merupakan gangguan kesadaran, kognitif (kemampuan berpikir), perhatian, dan persepsi akibat penyakit tertentu. Dari hasil temuan dilapangan, terdapat beberapa pasien Covid-19 mengalami stroke, kebingungan mental, kejang, hingga radang otak.

5. Hidung

Covid-19 juga dapat menyerang saraf penciuman seseorang. Hal inilah yang membuat banyak pasien mengalami gangguan dalam mencium bau atau disebut sebagai anosmia. Beberapa pasien juga mengaku kehilangan indera penciumannya. Adanya temuan tersebut para ilmuwan berspekulasi bahwa virus dapat naik ke ujung saraf hidung sehingga dapat merusak sel.

6. Mata

Beberapa pasien Covid-19 juga dilaporkan mengalami peradangan pada bagian lapisan mata dan kelopak mata. Namun, adanya temuan tersebut pada pasien positif Covid-19, hingga kini masih dilakukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga :  Mulai 24 September 2021, Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Menjadi Rp 45.000

Terdapat beberapa pasien positif Covid-19 yang mengalami kerusakan pada indera penglihatan. Kerusakan indera pengelihatan tersebut terjadi pada pasien yang sudah akut, seperti konjungtivis (mata merah akibat peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata), radang selaput yang melapisi bagian depan mata dan kelopak mata bagian dalam.

7. Ginjal

Adapun dari hasil penelitian mengatakan bahwa Covid-19 dapat langsung menyerang sel ginjal. Tak hanya itu, adanya infeksi berat di seluruh tubuh, menyebabkan pasokan nutrisi dan cairan ke ginjal berkurang hingga menyebabkan kondisi fatal. Virus ini dapat menyerang ginjal secara langsung, hingga menyebabkan kegagalan fungsi ginjal.

8. Saluran Pencernaan

Dari hasil temuan dilapangan, pasien positif Covid-19 dilaporkan mengalami gejala diare parah. Hal tersebut juga didukung dari beberapa teori yang mengatakan virus corona dapat menginfeksi saluran pencernaan.

9. Kulit

Dampak lain dari pasien penderita Covid-19 salah satunya dapat menyerang kulit. Namun, adanya temuan bahwa pasien mengalami gejala ruam merah, bentol, dan gatal di kulit tersebut juga masih dalam tahap penelitian.

Kesembilan organ tubuh pasien yang terdampak Covid-19 di atas, manakah organ tubuh yang menunjukkan dampak paling signifikan?

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa, organ tubuh pada pasien positif Covid-19 yang paling terdampak adalah paru-paru. Hal itu disebabkan karena, virus Covid-19 berada pada saluran pernafasan manusia dan khususnya di dalam paru-paru. Umumnya, seseorang yang terkena Covid-19 akan mengalami penumpukan lendir atau dahak yang dapat menyumbat saluran pernapasan.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait