78 Panwascam Kabupaten Kediri Dilantik | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
P_20191223_104550-940x640
BERITA STRAIGHT NEWS

78 Panwascam Kabupaten Kediri Dilantik

SATUKANAL, KEDIRI – Sebanyak 78 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020 resmi dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri, Senin (23/12/2019).

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur Divisi Organisasi, Eka Rahmawati mengatakan, seluruh Panwascam setelah dilantik telah diberi tugas untuk memantau proses pemilihan bupati sejak dini.

“Setelah dilantik tentunya kita berharap mereka akan bekerja secara profesional, dan tetap mengedepankan prinsip-prinsip dalam menjalankan tugas,” kata Rahmawati.

Ia juga mengatakan, pekerjaan Panwascam yang baru telah siap menanti. Di antaranya pengawasan PPK serta beberapa agenda Pilbub yang telah mulai berjalan.

“Mereka harus langsung bekerja untuk mengawasi proses pembentukan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan juga pendaftaran pemilih, sampai nanti dengan verifikasi calon,” katanya.

Selain itu, Panwascam juga ditugaskan untuk membentuk divisi di tingkat kecamatan. “Karena ini secara struktural belum terbentuk, maka tugasnya lagi adalah merapikan sekretariat dan menentukan divisi,” ucapnya.

Selain itu, Rahmawati juga menekankan pentingnya independensi dalam bekerja. “Independensi harus selalu dikedepankan oleh seluruh panwas yang dilantik, agar pemilihan Bupati Kediri berjalan sesuai amanat undang-undang yang berlaku,” tegasnya.

“Sebagai pengawas tentu mereka tidak hanya dituntut untuk melakukan pencegahan pelanggaran, tetapi juga dituntut untuk melakukan pengawasan, apabila ada yang salah mereka harus melapor,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar seluruh panwas yang ada bekerja sesuai Tupoksi masing-masing, dan bekerja dengan tulus untuk bangsa dan negara. “Berharap ke depan mereka akan bekerja secara profesional dan independen,” tutupnya.

Pewarta: M Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait