72 Pelaku Terjaring Pada Operasi Pekat Polres Malang Kota | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

72 Pelaku Terjaring Pada Operasi Pekat Polres Malang Kota

Satuchannel.com, Kota Malang – Sebanyak 72 tersangka diamankan Polres Malang Kota dalam operasi penyakit masyarakat (Pekat) 2017, pertanggal 23 Mei hingga 3 Juni 2017. 72 tersangka ini meliputi berbagai macam barang bukti dari beragam kasus seperti premanisme, prostitusi, narkoba, kasus senjata tajam, maupun miras.

Kapolres Malang Kota, AKBP Hoirudin Hasibuan mengungkapkan 20 pelaku di antaranya ditahan karena memenuhi unsur pidana. Sedangkan untuk 52 orang lainya diberikan pembinaan dengan wajib lapor.

“52 pelaku ini memang masuk kategori tindak pidana ringan (Tipiring). Misalnya kasus, premanisme dan miras. Di antara 52 pelaku ini, ada 9 orang yang kami bina karena berjanji bisa berubah,” terang Hoirudin saat rilis Operasi Pekat.

Baca Juga :  Pemkot Malang Gelar KIP Award 2020, Guna Atasi Tuntutan Masyarakat Akan Keterbukaan Informasi Publik

Dari 72 orang yang diamankan, beberapa merupakan target operasi (TO) dari petugas yang sudah lama diincar atau jadi daftar pencarian orang (DPO).

Dipaparkan lebih lanjut oleh Hoirudin, Untuk kasus prostitusi, 1 merupakan TO dan 1 bukan TO. Untuk judi, 5 TO dan 2 non TO. Sedangkan narkoba ada dua tersangka yang merupakan TO. Miras ada 13 TO dan 31 bukan TO.

“Jadi, total semua ada 25 target operasi dan 47 bukan target operasi. Di antara semua itu tidak ada residivis yang terjaring,” bebernya.

Baca Juga :  Ikhtiar Dari Sang Ayah Membuahkan Hasil, Prof. Dr. Moh. Fadli, S.H., M.Hum Raih Gelar Profesor Universitas Brawijaya

Sementara itu, berkat patroli yang sering dilakukan petugas, beberapa kasus seperti curanmor selama Bulan Ramadan ini mengalami penurunan. Namun hal ini tidak menyurutkan Hoirudin beserta personelnya untuk tetap melakukan patroli. (GUM)

Kanal Terkait