72 Nakes Kabupaten Malang Alami KIPI Usai Dapat Suntikan Vaksin Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
72 Nakes Kabupaten Malang Alami KIPI Usai Dapat Suntikan Vaksin Covid-19
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

72 Nakes Kabupaten Malang Alami KIPI Usai Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

Satukanal.com, Malang – Pasca menjalani suntikan vaksin Covid-19 jenis Sinovac, sebanyak 72 Tenaga Kesehatan (Nakes) di wilayah Kabupaten Malang mengalami Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI).

KIPI yang dialami ke 72 Nakes di Kabupaten Malang tersebut, beberapa diantaranya merasakan rasa mual hingga demam usai menerima suntikan vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo mengkonfirmasikan bahwa, Dari jumlah sekitar 8000 Nakes yang masuk dalam daftar penerima vaksin pertama, terdapat 72 Nakes yang mengalami KIPI.

“8 ribu sekian nakes yang masuk dalam prioritas pertama vaksinasi, ada sekitar 72 orang yang mengalami KIPI,” ujarnya.

Arbani Mukti juga menjelaskan, efek samping dari Vaksin Sinovac atau yang bisa disebut dengan KIPI, berlangsung kurang lebih selama satu hingga dua hari. Menurutnya, para tenaga kesehatan yang mengalami KIPI telah diberikan obat-obatan untuk meredakan gejalanya, salah satunya dengan memberikan obat penurun demam.

Baca Juga :  Meninggalnya Petapa Misterius Awal Mula Penamaan Pantai Goa Cina

Hasil analisa yang dilakukan oleh pihak Dinkes Kabupaten Malang, insiden KIPI yang dialami oleh para nakes tersebut diakibatkan karena kurang istirahat sesaat sebelum menerima suntikan vaksinasi Covid-19.

”Kondisi yang bersangkutan malamnya tidak istirahat, porsi istirahatnya kurang. Sehingga pada pagi hari waktu di vaksin ada gejala KIPI itu,” tuturnya.

Dari hasil pemantauan sejauh ini, para Nakes yang dikabarkan mengalami KIPI kondisinya saat ini dipastikan sudah stabil. ”Alhamdulillah tidak ada masalah. Kondisi mereka sampai sekarang sudah membaik, tidak ada masalah,” Ujarnya.

”Kami harus benar-benar menjaga jangan sampai terjadi KIPI. Kalau KIPI hanya 1 persen kami masih bisa menangani. Tapi harapan kami ya jangan sampai terjadi KIPI,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Dapat Hak Sama Dengan ASN, Walikota Malang Resmi Lantik 83 PPPK

Adanya persoalan tersebut, Kadinkes Kabupaten Malang memastikan bahwa, vaksin Covid-19 aman. Sebab, ada sederet tahapan yang harus dilalui oleh calon penerima sebelum akhirnya disuntik vaksin Covid-19. Tahapan yang harus dilalui yakni, regristasi, skrining kesehatan, penyuntikan vaksin, dan observasi yang terbagi dalam 4 meja tahapan vaksinasi.

Pada saat vaksinasi dilangsungkan, Dinkes Kabupaten Malang juga telah bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Peran dokter spesialis penyakit dalam juga akan dilibatkan langsung pada saat proses vaksinasi.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait