70 Negara di Dunia Telah Terdampak Varian Baru Covid-19, WHO Himbau Tetap Waspada - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
70 Negara di Dunia Telah Terdampak Varian Baru Covid-19, WHO Himbau Tetap Waspada
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

70 Negara di Dunia Telah Terdampak Varian Baru Covid-19, WHO Himbau Tetap Waspada

Satukanal.com, NasionalOrganisasi Kesehatan Dunia WHO meminta seluruh negara di dunia untuk selalu waspada akan kemunculan varian baru dari Covid-19 yang menyebabkan kasus pasien positif Covid-19 di dunia terus mengalami peningkatan tiap harinya.

Pada hasil penelusuran yang dilakukan oleh WHO, varian baru Covid-19 yang berasal dari dua negara yakni Inggris maupun Afrika Selatan telah menyebar ke 70 negara di dunia.

Dari hasil pemantauan WHO, Salah satu varian baru Covid-19 yang berasal dari Inggris, ternyata sudah terlacak di 50 negara di dunia. Sementara itu, untuk varian baru Covid-19 yang berasal dari Afrika Selatan yang dikenal sebagai strain 501.V2 , sudah ditemukan menyebar di 20 negara.

Besaran angka tersebut menurut WHO, merupakan hasil penelusuran yang dilakukan sejak kemunculan awal jenis varian baru Covid-19 yang terjadi pada bulan Desember 2020 lalu.

Varian baru Covid-19 ini juga memiliki mutasi pada protein lonjakannya (bagian dari virus yang menempel pada sel manusia dan membantunya menyebar), sehingga, hal tersebut yang membuatnya berpotensi lebih tinggi menular dari pada jenis virus Covid-19 yang sebelumnya.

Baca Juga :  Keberangkatan Belum Pasti, 169 Calon Jemaah Haji Batu Jalani Vaksinasi Covid-19

Selain varian baru Covid-19 strain 501.V2, WHO menyebutkan ada varian lain yang dikenal sebagai VOC 202012/01 atau B.1.1.7. Menurut hasil penelusuran pihak WHO, varian ini dinilai telah terbukti menularkan lebih mudah ketimbang varian virus sebelumnya.

Hal tersebut ditentukan berdasarkan pada data terakhir yang diperoleh WHO yang mengatakan bahwa virus jenis baru ini telah menyebar ke 10 negara dalam kurun waktu seminggu terakhir.

Adanya beragam mutasi virus Covid-19, dinilai WHO sebagai sifat alamiah dari suatu virus. Hal itu terjadi ketika mereka berupaya mereplikasi guna beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka. Hingga kini para ilmuwan pun telah melacak beberapa mutasi virus Sars-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

Ditemukannya beberapa mutasi baru virus Covid-19 ini, WHO mendesak kepada seluruh negara dunia untuk terus waspada dan secara aktif bekerja dalam meneliti dan menemukan mutasi yang mungkin secara signifikan dapat mengubah virulensi (penularan virus) terhadap manusia atau makhluk hidup lainnya.

Baca Juga :  7 Makanan Ampuh Menekan Nafsu Makan Berlebih

WHO mengatakan lebih banyak penelitian diperlukan, tetapi menekankan bahwa penelitian observasi di Afrika Selatan tidak menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang. Varian baru ketiga dari virus Covid-19 tersebut juga ditemukan di Brasil.

WHO menyebutkan bahwa varian baru Covid-19 yang ditemukannya di Brazil disebut sebagai ‘P1’, varian ini juga telah menimbulkan kekhawatiran serupa karena virus tersebut dapat lebih menular atau menyebabkan penyakit yang lebih parah dari virus sebelumnya.

Sehingga, studi atau penelitian lebih lanjut memang diperlukan. Hal tersebut dilakukan guna menilai apakah ada perubahan dalam penularan, tingkat keparahan atau aktivitas penetral antibodi sebagai akibat dari varian baru ini.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait