7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Menikah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Menikah
STRAIGHT NEWS

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Menikah

Satukanal.com, Nasional – Setiap orang ingin memiliki hubungan yang langgeng dengan pasangan, salah satunya dengan menikah. Terlebih, saat kamu dan pasangan sudah berpacaran dalam jangka waktu yang lama.

Nah agar persiapan pernikahan lancar, kali ini Satukanal.com akan mengulas langkah-langkah mudah yang bisa diterapkan. Penasaran apa saja trik mempersiapkan penikahan itu? Simak ulasannya dalam artikel ini.

1. Perhitungkan pekerjaan Anda

Ketika anda dan pasangan anda telah sepakat untuk menuju jenjang pernikahan, maka dalam hal ini pekerjaan menjadi hal yang penting yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan sebelum menikah, karena salah-salah pekerjaan yang tidak layak bisa membuat hubungan rumah tangga kususnya perekonomian menjadi keruh.

Karena itu, pastikan sebelum menikah Anda sudah memiliki sumber pendapatan tetap, misalnya pekerjaan tetap. Setidaknya, saat berkeluarga, kita bisa mandiri secara finansial, tidak membebani atau tergantung pada orang tua atau keluarga lainnya.

2. Kesiapan mental

Pernikahan tak selalu berjalan dengan mulus seperti apa yang dirasakan semasa pacaran. Nantinya akan ada permasalahan rumah tangga yang akan muncul, sehingga memerlukan kesiapan mental untuk menghadapinya.

3. Belajar untuk dapat mengontrol emosi

Apakah Anda orang yang mudah emosi? Jika jawabannya iya, Anda harus mulai mengontrolnya sejak sebelum pernikahan. Anda juga harus melihat pasangan anda saat ia marah dan pertimbangkan, apabila saat marah pasangan anda cenderung melontarkan kata kasar bahkan main fisik, maka anda harus lebih mempertimbangkan, berhati-hati dan lebih baik menunda untuk menikah atau bisa memilih pasangan yang lain. Karena pasangan yang kasar justru akan merugikan anda nantinya.

Baca Juga :  Larangan Mudik Penerbangan Terbatas Masih Bisa Dilakukan, Simak Syaratnya!

4. Keterampilan hidup

Contoh keterampilan hidup seperti membersihkan rumah, memasak, mengasuh anak, serta menjalankan kewajiban sebagai suami/istri/orang tua. Bahkan merawat organ reproduksi hingga pengetahuan alat kontrasepsi untuk pengaturan jarak kehamilan juga menjadi keterampilan yang harus dimiliki sebelum menikah.

5. Kesiapan Usia

Usia memegang peran penting, karena kematangan psikis, sosial, bahkan fisik, sangat dipengaruhi oleh usia. Secara psikis, seseorang lebih siap menikah ketika sudah melewati usia 20 tahun. Sementara pada usia 25, seseorang telah siap dalam berbagai hal, karena perkembangan otak telah ‘sempurna’. Dengan pertimbangan tersebut, maka rekomendasi paling tepat adalah menikah saat usia telah memasuki 21-25.

6. Belajar memaafkan

Saling memaafkan adalah salah satu kunci dalam mencapai pernikahan yang bahagia, jadi mulailah berlatih untuk melakukannya. Menyimpan dendam pada pasangan hanya akan menyakiti dan membawa suasana negatif pada pernikahan dan hubungan Anda, jadi sebaiknya Anda harus belajar memaafkan secara tulus dan mengambil hikmah dari permasalahan yang Anda hadapi. Dengan demikian Anda dapat saling belajar dari satu sama lain dan tumbuh bersama tanpa harus terpisahkan oleh kegetiran atau kebencian.

Baca Juga :  Perhatikan Formasi Sekolah Kedinasan 2021, Manakah Yang Berpeluang Besar?

7. Miliki pemikiran yang terbuka dan fleksibel

Anda mungkin memiliki bayangan atau ekspektasi tertentu tentang kehidupan rumah tangga yang akan dibina kelak, tapi ingatlah untuk tidak selalu menuntut semua hal agar senantiasa sempurna. Tidak ada pernikahan yang tanpa cela dan setiap pasangan memiliki pasang dan surutnya sendiri.

Yakinlah pada komitmen Anda dengan pasangan, sehingga Anda tidak mudah menyerah saat dihadapkan dengan masalah rumah tangga nanti. Anda juga harus memiliki pemikiran yang terbuka dan fleksibel karena setelah menikah tentu akan ada banyak perubahan yang terjadi pada hidup, mungkin dalam bentuk yang tak pernah Anda sangka sebelumnya, jadi mulailah belajar untuk beradaptasi terhadap perubahan.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait