61 Rumah Terendam Air, Jatimulyo Titik Terparah Banjir di Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BPBD Kota Malang dan relawan bahu membahu menanggulangi dampak bencana. (foto: Lutfia/satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

61 Rumah Terendam Air, Jatimulyo Titik Terparah Banjir di Kota Malang

satukanal.com, Malang –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang mendeteksi tujuh titik banjir di Kota Malang. Mulai dari RW.09 Kelurahan Jatimulyo, Bethek Penanggungan, RW 02 Kelurahan Samaan, Kampung Putih Rampal Claket, Jodipan, Kesatrian Malang, Polehan, hingga Kota Lama.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat dari banjir yang menerpa Kota Malang itu. “Kota Malang sejauh ini tidak ada korban jiwa, aman semua karena sebelum banjir datang kita evakuasi ke tempat yang lebih tinggi,” tutur Alie Mulyanto. Alie Mulyanto, Kepala BPBD Kota Malang, Jumat  (5/11/2021) malam.

Banjir yang merupakan kiriman dari sungai Sumber Brantas di Kota Batu tersebut memberikan dampak di Kota Malang. Menurut Alie Mulyanto, titik terparah yang terkena dampak banjir terdapat di RW.09 Kelurahan Jatimulyo di mana terdapat hampir 61 rumah yang terganang oleh banjir. Sementara untuk titik lainnya seperti Samaan terdapat 30 rumah yang terendam, dan 31 rumah di Kampung Putih. Untuk Kampung Putih sendiri, terdapat tiga rumah yang ambruk dan satu rumah ludes terbawa oleh aliran air. Hingga Jumat (5/11/2021) sore, banjir mulai surut.

Baca Juga :  Bayi Dalam Tas di Toko Besi Baru Dilahirkan

Terdapat tiga puluh orang secara keseluruhan yang dikerahkan oleh BPBD menuju ke tujuh titik lokasi terdampak banjir. BPBD dibantu dengan pihak lain seperti TNI, POLRI, relawan, masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup, PUPR, Kesbang, Satpol PP, Damkar, dll. Tim lintas instansi ini mengevakuasi warga sekaligus membersihkan area pemukiman warga.

Banjir di Kota Malang ini disebabkan oleh luapan banjir yang berasal dari Kota Batu. Alie menuturkan bahwa sesaat sebelum kejadian, Kota Malang tidak dilanda hujan deras dan hanya gerimis saja. Sampai saat ini, BPBD belum melakukan penaksiran terkait kerugian yang dihasilkan dari bencana banjir di Kota Malang ini.

Baca Juga :  Tidak Berfungsi, Jembatan Timbang Mojoagung Memprihatinkan

Pewarta: Lutfia

Editor : Danu S

Kanal Terkait