6 Vitamin dan Mineral Jaga Sistem Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
6 Vitamin dan Mineral Jaga Sistem Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

6 Vitamin dan Mineral Jaga Sistem Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

SATUKANAL.com, NASIONAL – Dimasa pandemi Covid-19 yang belum usai serta korban yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga terus mengalami peningkatan. Sistem imun yang stabil dan kuat merupakan hal yang memang dibutuhkan di masa ini.

Bulan Desember merupakan bulan penghujan, sehingga perlu adanya kewaspadaan terkait banyaknya virus serta bakteri pembawa penyakit yang bertebaran di musim ini. Sehingga, menjaga sistem imunitas tubuh merupakan hal terpenting, agar kondisi tubuh pun tetap sehat dan bugar.

Beberapa pakar kesehatan memberikan saran agar kondisi tubuh bisa tetap sehat, yakni dengan mengkonsumi beberapa makanan sehat. Makanan yang tergolong sehat menyediakan berbagai zat, termasuk vitamin dan mineral.

Berikut adalah beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga sistem imun agar tubuh tetap dalam kondisi sehat :

  1. Vitamin E
    Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin E juga bagian dari hampir 200 reaksi biokimia dalam tubuh, yang sangat penting untuk cara kerja sistem kekebalan. Asupan vitamin E bisa kita temukan dalam berbagai makanan seperti, biji bunga matahari, kacang almond, minyak kedelai dan kacang hazel.
  2. Vitamin C
    Vitamin C memiliki kandungan yang berguna untuk membantu mencegah infeksi serta dapat mempercepat masa penyembuhan infeksi. Beberapa makanan juga banyak yang mengandung vitamin C seperti, sayur bayam, kubis, paprika, stroberi, dan buah papaya.
  3. Vitamin A
    Kandungan dari Vitamin A salah satunya guna penangkal infeksi, makanan yang berasal dari hewani seperti ikan, daging dan produk susu atau dari karotenoid tumbuhan banyak mengandung Vitamin A. Makanan yang mengandung Vitamin A seperti, ikan tuna, wortel, ubi jalar, labu dan sayuran berdaun hijau.
  4. Vitamin D
    Vitamin D adalah salah satu nutrisi paling penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain dari sinar matahari, asupan vitamin D dapat ditemui dibeberapa makanan seperti, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, susu, dan sereal.
  5. Float dan Asam Float
    Folat adalah bentuk alami dan asam folat adalah bentuk sintetis, yang sering ditambahkan ke makanan karena manfaat kesehatannya. Untuk mendapatkan lebih banyak folat, mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran yang berdaun hijau. Asupan folat juga bisa di dapatkan dari buah alpukat. Sedangkan asam folat biasanya ditambahkan dalam beberapa jenis makanan seperti, olahan pasta, roti, atau beras.
  6. Zat Besi
    Zat besi berfungsi untuk membantu tubuh membawa oksigen ke sel, yang berperan dalam banyak proses sistem kekebalan. Asupan zat besi bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti, daging, ayam, ikan sarden, kerang dan tiram.
Baca Juga :  5 Rekomendasi Drama Korea Temani Liburan Akhir Tahun, Mana Favorit Kamu?

Itu tadi adalah beberapa rangkuman dari Satukanal.com terkait beberapa macam makanan yang mengandung vitamin serta mineral yang bagus untuk menjaga sistem imun, supaya kondisi tubut tetap sehat di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

 

 

Kanal Terkait