6 Rekomendasi Makanan Antikanker yang Sehat Dikonsumsi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
6 Rekomendasi Makanan Antikanker yang Sehat Dikonsumsi
Ilustrasi gambar wortel dan tomat (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Straight

6 Rekomendasi Makanan Antikanker yang Sehat Dikonsumsi

Satukanal.com, Nasional – Selain mengkonsumsi suplemen atau vitamin, tubuh juga membutuhkan nutrisi tertentu dari makanan segar yang mengandung antikanker.

Terdapat beberapa makanan yang dipercaya bisa bermanfaat untuk mencegah sel kanker dalam tubuh. Secara umum makanan pencegah kanker tersebut terdiri dari makanan yang mengandung banyak vitamin, antioksidan, serat, dan lemak sehat.

Perlu kamu ketahui pula, kanker termasuk satu dari banyaknya penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini pun mampu menyerang berbagai bagian di tubuh. Adapun, makanan yang mengandung senyawa alami dan memiliki sifat antikanker tersebut diantarannya:

1. Wortel

Wortel mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin K, vitamin A, dan antioksidan. Wortel juga mengandung beta-karoten dalam jumlah tinggi, yang bertanggung jawab atas warna oranye yang berbeda.

Studi mengungkapkan bahwa beta-karoten memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan dan dapat mencegah jenis kanker tertentu. Tinjauan terhadap delapan studi memperlihatkan kalau beta-karoten memiliki kaitan dengan penurunan risiko kanker payudara dan prostat.

2. Tomat

Buah tomat memiliki kandungan Lycopene. Lycopene sendiri merupakan senyawa yang ditemukan dalam tomat yang bertanggung jawab atas warna merahnya yang cerah serta sifat antikankernya.

Baca Juga :  Masih Pakai HP Android Lawas? Mulai Hari Ini Beberapa Tak Bisa Pakai Gmail hingga YouTube

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa peningkatan asupan Lycopene dan tomat dapat menyebabkan penurunan risiko kanker prostat. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan manfaat tomat sebagai makanan pencegah kanker ini.

3. Apel

Tidak mengherankan orang-orang kerap memasukkan apel ke dalam konsumsi buah sehari-hari atau menjadi camilan saat diet. Anggapan itu pun terbukti benar, sebab beberapa penelitian banyak yang mengkaji manfaat apel bagi kesehatan.

Salah satunya, buah apel ampuh mencegah risiko kanker karena kandungan flavonoid. Dalam International Journal of Epidemiology 2017, menyebutkan makanan kaya flavonoid umumnya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Ikan dengan kandungan lemak baik

Ikan adalah makanan laut tersehat. Mengutip Medical News Today kandungan lemak baik serta omega-3 ikan seperti salmon, mackerel, maupun anchovy mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Studi Plos One berjudul ‘Consumption of Fish Products across the Lifespan and Prostate Cancer Risk’ tahun 2013, juga menyebutkan minyak ikan pun ampuh dalam mengobati kanker. Seseorang yang rutin konsumsi ikan ataupun minyaknya kemungkinan besar mencegah tubuh dari gejala kanker prostat.

Baca Juga :  Musik Viral Punya Pola Mirip dengan Penyebaran Virus

5. Bawang putih

Selanjutnya yakni Bawang putih. Diketahui, bawang putih mengandung allicin, senyawa yang telah terbukti dapat membunuh sel kanker dalam penelitian tabung reaksi. Studi telah menemukan bahwa makan lebih banyak bawang putih dapat menyebabkan penurunan risiko kanker perut, prostat, dan kolorektal.

6. Brokoli

Sayuran cruciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kale mengandung nutrisi bermanfaat, termasuk vitamin C, vitamin K, dan mangan. Sayuran cruciferous juga mengandung sulforaphane, senyawa tanaman dengan sifat antikanker.

Studi menunjukkan bahwa sulforaphane secara signifikan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang kematian sel pada sel kanker usus besar. Studi lain menunjukkan bahwa sulforaphane dalam kombinasi dengan genistein, senyawa dalam kedelai, bisa secara signifikan menghambat perkembangan dan ukuran tumor kanker payudara.

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait