6 Referensi Permainan Nostalgia Yang Dimainkan Dirumah Bersama Anak Saat Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
6 Referensi Permainan Nostalgia Yang Dimainkan Dirumah Bersama Anak Saat Pandemi
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

6 Referensi Permainan Nostalgia Yang Dimainkan Dirumah Bersama Anak Saat Pandemi

SATUKANAL.com, NASIONAL – Bermain beberapa permainan nostalgia atau jaman dulu dirumah dengan anak merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang dikala pandemi Covid-19 yang mengharuskan seseorang untuk memperbanyak berkegiatan dirumah.

Di awal tahun 2021, kasus pasien positif Covid-19 kian mengalami peningkatan tiap harinya. Pemerintah pun dalam hal ini tengah berupaya untuk menekan angka peningkatan Covid-19 di Indonesia.

Salah satu upaya Pemerintah mencegah peningkatan kasus Covid-19 dilakukan dengan cara, mewajibkan setiap orang untuk tertib protokol kesehatan Covid-19, kembali memberlakukan Work From Home (WFH) bagi para pekerja serta tetap menerapkan metode pembelajaran secara daring bagi TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK serta Perguruan Tinggi.

Banyaknya waktu dirumah, dapat lebih menarik jika dihabiskan untuk berkumpul atau beraktivitas bersama keluarga. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga yakni memasak bersama ataupun bermain beberapa permainan jaman dulu sambil bernostalgia.

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari Satukanal.com, beberapa permainan nostalgia atau jaman dulu yang dapat di lakukan dirumah bersama Anak ketika pandemi Covid-19.

1. Congklak


Permainan congklak atau warga Malang biasa menyebutkan permainan ini dengan “dakon”, merupakan salah satu permainan tradisional yang hits pada tahun 2000 an. Salah satu permainan tradisional ini dapat di mainkan oleh 2 orang serta memiliki harga yang terjangkau.

Bagi para orang tua yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan anak saat masa pandemi seperti sekarang ini, permainan satu ini cocok digunakan untuk bermain bersama.

Congklak juga salah satu permainan yang baik untuk melatik kesabaran anak. Permainan ini juga dapat melatih kejujuran, meningkatkan kemampuan berhitung serta melatih anak untuk mengatur strategi pada permainan.

Permainan congklak ini awalnya terbuat dari kayu, namun banyak dari para penjual memodifikasi papan congklak dari bahan plastik, sehingga harganya pun sangat terjangkau.

Baca Juga :  Apple Luncurkan Fitur Baru di iOs 15, apa saja?

Tak hanya asal bermain, orang tua yang mengajarkan permainan congklak pada anak, dapat melatih ketajaman berpikir sang anak. Karena, dalam bermain congklak tentu penuh strategi,  agar dapat menang dengan memperoleh banyak biji.

2. Monopoli

Bermain monopoli bersama dengan keluarga juga dapat menjadi alternatif mengusir kebosanan dirumah saat pandemi. Permainan monopoli ini merupakan salah satu permainan yang cocok di mainkan bersama keluarga, karena dalam permainan ini juga membutuhkan banyak pemain.

Para orang tua juga dapat mengajak anaknya untuk bermain monopoli ini. Karena, permainan ini juga dapat mengajarkan anak untuk mengelola keuangan secara sederhana. Permainan monopoli ini juga dapat mengajarkan anak untuk menyusun strategi terhadap suatu permainan.

Pada saat bermain monopoli anak-anak juga harus melakukan perencanaan, kapan mereka perlu untuk melakukan sesuatu dan kapan untuk diam. Pada setiap kartu monopoli juga terdapat bacaan sehingga, anak-anak dapat melatih kemampuan membaca mereka pada permainan ini.

3. Ular Tangga

Permainan ular tangga merupakan salah satu permainan asik yang bisa dimainkan bersama dengan keluarga. Permainan ini juga sangat cocok jika dilakukan bersama anak, karena permainan ular tangga dapat melatih ketelitian dan kesabaran anak.

Pada permainan ular tangga ini pun, anak juga diajarkan untuk meningkatkan kemampuan berhitungnya. Permainan ini juga memiliki beragam manfaat bagi tumbuh kembang anak.

Seperti halnya permainan matematika, permainan ular tangga juga mengajarkan konsep angka dan bilangan. Anak akan berlatih berhitung, dengan menghitung kotak-kotak yang di lalui saat menggerakkan bidak sesuai jumlah mata dadu yang keluar.

4. Petak Umpet

Saat bermain dirumah, para orang tua juga dapat mengajak anaknya untuk bermain petak umpet. Permainan petak umpet memiliki manfaat untuk anak guna meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak.

Pada permainan ini, anak juga diajarkan untuk saling membantu ketika mencari tempat persembunyian. Petak umpet juga menjadi salah satu permainan yang dapat membantu anak lebih aktif dalam berkegiatan, karena pada permainan ini kelincahan anak sangat diperlukan.

Baca Juga :  Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Wilayah Mana Yang Bisa Menyaksikan?

Permainan petak umpet ini juga sangat cocok dimainkan dengan keluarga, karena semakin banyak orang yang ikut bermain, maka permainan akan terasa lebih asik.

5. Bola Bekel

Permainan bola bekel ini juga dapat mengisi waktu luang bersama keluarga disaat pandemi Covid-19. mengajarkan anak bermain bola bekel juga memiliki beragam manfaat.

Salah satu manfaat anak bermain bola bekel yakni, mengajarkan anak untuk lebih fokus, mengajarkan anak untuk bersabar serta melatih kecepatan dan ketepatan anak.

Bola bekel juga bermanfaat untuk melatih gerak motorik serta keterampilan anak dalam mengatur ritme antara waktu memantulkan bola, mengambil atau membetulkan biji bekel serta melatih koordinasi antara indera penglihatan dengan kecepatan tangan.

6. Lompat Tali

Permainan lompat tali yang identik dimainkan di luar rumah, ternyata juga dapat dilakukan didalam rumah bersama dengan keluarga. Pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, permainan lompat tali ini juga dapat mengisi kegiatan saat dirumah dengan anak.

Lompat tali juga dapat digunakan sebagai sarana berolahraga bagi anak, karena pada permainan ini dibutuhkan kelincahan untuk melompat tinggi agar berhasil pada setiap tantangannya.

Pada permainan ini juga diperlukan keseimbangan yang baik ketika melompat. Gerakan melompat secara berulang pun bisa melatih keseimbangan, koordinasi, dan refleks tubuh.

Permainan lompat tali ini dapat menggerakan seluruh tubuh, sehingga membuat banyak otot bergerak secara bersamaan. Hal ini bisa meningkatkan kekuatan pada otot kaki, perut, dan lengannya. Selain itu, permainan lompat tali juga dapat membuat anak lebih lincah dan cekatan ketika melakukan sesuatu.

 

 

Sumber :

https://indonesia.go.id/ragam/seni/kebudayaan/serunya-bermain-congklak
https://www.ibudanbalita.com/artikel/3-mainan-tradisional-untuk-latih-motorik-anak0

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait