6 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Tubuh - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
6 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Tubuh
Ikan tuna (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

6 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Tubuh

Satukanal.com, Nasional – Beragam jenis ikan memang memiliki manfaat yang berbeda-beda. Seperti halnya Ikan tuna, yang termasuk ikan favorit karena mudah diolah, berdaging tebal, dan memiliki rasa yang gurih.

Selain lezat, ternyata masih banyak yang belum tahu bahwa kandungan ikan tuna menyimpan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi pada tuna sangatlah lengkap. Mulai dari protein hingga omega-3. Lalu apa manfaat mengonsumsi tuna bagi kesehatan tubuh? Simak selengkapnya.

1. Memenuhi kebutuhan protein tubuh

Tuna memiliki semua jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh. Asam amino yaitu molekul terkecil penyusun protein. Apa pun jenis tuna yang dikonsumsi dapat memberikan protein dalam jumlah besar, yakni 24 – 30 gram protein per 85 gram tuna. Kandungan protein tersebut dapat membentuk hormon, kolagen, dan antibodi, hingga pemeliharaan jaringan otot tubuh.

Baca Juga :  Ada 11.000 Tiket Kereta Gratis dari PT KAI, Ini Syarat Mendapatkannya!

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tidak hanya baik untuk jantung, kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam tuna juga membuatnya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium yang ada pada tuna juga berperan sebagai vasodilator atau melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa berkurang.

3. Membantu Mengatasi Stres

Mengkonsumsi ikan tuna juga memberikan manfaat bagi kondisi psikis. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi vitamin B6 yang menjaga fungsi sel otak dan sel saraf.

Selain itu, vitamin B6 juga meningkatkan produksi hormon serotonin, yakni hormon yang menstabilkan mood dan meningkatkan suasana hati. Serta hormon norepinefrin yang mempengaruhi kemampuan berpikir dan rasa bahagia.

Baca Juga :  Judul Film Remake Train to Busan Garapan Sutradara Indonesia Sudah Rilis

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selanjutnya, kandungan ikan tuna dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Hal ini berkat adanya kandungan vitamin C dan berbagai mineral di dalamnya. Tidak hanya itu, selenium dari ikan tuna juga berperan besar untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit. Dengan begitu, daya tahan tubuh pun terjaga dan tidak mudah jatuh sakit.

5. Menyehatkan mata

Ikan tuna mengandung asam lemak omega-3. Komponen yang satu ini, mampu mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula. Selain itu, mengonsumsi ikan tuna juga bisa menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes atau diabetic retinopathy.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait