6 Geopark di Indonesia Telah Diakui UNESCO, Ini Daftarnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
6 Geopark di Indonesia Telah Diakui UNESCO, Ini Daftarnya
Gunung Rinjani
BERITA Kanal Pesona

6 Geopark di Indonesia Telah Diakui UNESCO, Ini Daftarnya

Satukanal.com, Nasional – Geopark merupakan kawasan yang memiliki unsur geologi terkemuka, di mana masyarakat setempat juga berperan serta melindungi warisan alam tersebut.

Geopark juga merupakan salah satu kawasan liburan yang sangat edukatif. Tak hanya melihat keindahan alam, kamu juga bisa belajar mengenai budaya, adat, dan warisan budaya setempat.

Sementara itu, di Indonesia sendiri ada sekitar 40 geoheritage. Enam di antaranya telah diakui UNESCO sebagai geopark atau taman dunia. Capaian ini membuat Indonesia menjadi negara Asia Tenggara dengan UNESCO Global Geopark (UGG) terbanyak. Lalu dimana saja lokasinya?

1. Geopark Batur

Pada tahun 2012, Geopark pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai UNESCO adalah Geopark Batur. Geopark Batur memamerkan keindahan alam berkat letusan besar gunung berapi yang membentuk kaldera ganda dan danau purba.

Sampai saat ini Gunung Batur masih aktif dan menghasilkan beragam batuan yang dapat dimanfaatkan warga untuk membangun rumah. Total ada 21 situs warisan alam yang tersebar di kawasan Geopark Batur, tepatnya di Kecamatan Kintamani dan Kabupaten Batur.

2. Geopark Gunung Sewu

Gunung Sewu juga telah diakui sebagai UNESCO Global Geoparks sejak tahun 2015. Letaknya membentang di antara tiga kabupaten, yakni Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan. Geopark Gunung Sewu menyimpan kekayaan arkeologis warisan budaya manusia masa lalu.

Baca Juga :  CPNS APP Calon Hakim 2021, Mahkamah Agung Rencanakan Wawancara Dilakukan Secara Daring dan Tatap Muka

3. Geopark Ciletuh

Geopark di Indonesia selanjutnya adalah Geopark Ciletuh. Geopark ini ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 2018, sekaligus menjadi penopang ekonomi masyarakat setempat.

Kawasan ini merupakan yang terbaru dan akan segera diresmikan pada April mendatang. Kawasan ini telah dikembangkan menjadi wisata terpadu. Mulai dari pemberdayaan masyarakat lokal, pengembangan desa binaan, dan pengembangan geowisata.

Ada banyak objek wisata menarik yang bisa kamu nikmati di sini. Misalnya seperti panorama Pantai Palangpang, Curug Awang, bukit Panenjoan, Taman Purba, dan banyak lainnya.

4. Geopark Gunung Rinjani

Geopark Rinjani masuk sebagai Global Geoparks setelah dinobatkan oleh UNESCO pada tahun 2018 silam. Geopark ini memiliki kombinasi keanekaragaman hayati, fenomena kegunungapian, dan keragaman budaya masyarakat di dalamnya.

Geopark ini memiliki kombinasi keanekaragaman hayati, fenomena kegunungapian, dan keragaman budaya masyarakat di dalamnya. Geopark Gunung Rinjani memiliki keragaman flora dan fauna yang sebagian besar merupakan endemik.

5. Geopark Danau Toba

Selanjutnya, Danau terbesar di dunia yang mempunyai ukuran panjang 87 kilometer, lebar 27 kilometer, dan kedalaman 505 meter. Lokasinya terletak sekitar 176 kilometer arah barat Medan juga menyusul kawasan geopark lainnya sebagai UNESCO Global Geoparks.

Baca Juga :  Jelang Tes SKB CPNS 2021, BKN: Persiapkan syarat yang sama

Danau yang tercipta dari erupsi Gunung Toba Purba ini memiliki keragaman hayati (biodiversity), geologi (geodiversity), dan budaya (culturdiversity). Pengembangan ekonomi kreatif dan kelembagaan kepariwisataan juga menjadi salah satu alasan terpilihnya Geopark Danau Toba ke dalam UGG.

6. Geopark Belitong

Geopark Belitong menjadi geopark keenam di Indonesia yang diakui oleh UNESCO Global Geopark pada Agustus 2021. Geopark Belitong memiliki luas total sekitar 4.800 kilometer persegi daratan dan 13.000 kilometer persegi laut. Kawasan geopark dikelilingi oleh 241 pulau kecil, termasuk pulau Mendanau, Kalimambang, Gresik, dan Selu.

UNESCO menyatakan setidaknya ada 17 objek wisata di situs Geopark Belitong. Diantaranya adalah Tanjung Kelayang, Batu Bedil, Pantai Punai, dan Hutan Cendil. Kamu traveler bisa berenang, snorkeling, dan bersantai di pantai-pantai indah Pulau Belitong. Tak ketinggalan, berkunjung ke Pulau Lengkuas dan menikmati pemandangan dari atas mercu suar.

Itu tadi 6 geopark Indonesia yang diakui UNESCO. Keenam geopark tersebut menawarkan keindahan panorama alam, sejarah, budaya, dan adat istiadat. Kamu bisa memasukkan kawasan geopark sebagai salah satu tujuan wisata untuk berlibur.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait