5 Tips Merawat dan Menggunakan Jas Hujan Yang Tepat Agar Tidak Mudah Robek - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Tips Merawat dan Menggunakan Jas Hujan Yang Tepat Agar Tidak Mudah Robek
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

5 Tips Merawat dan Menggunakan Jas Hujan Yang Tepat Agar Tidak Mudah Robek

Satukanal.com, Nasional – Hujan yang kerap kali melanda pada pagi, siang, sore bahkan hingga malam hari. Menggunakan jas hujan bagi para pengendaraa kendaraan roda dua memang wajib dan harus siap sedia pada kendaraannya.

Sayangnya, banyak pengendara yang asal dalam merawat jas hujan. Sehingga hampir setiap tahun membeli baru, karena jas hujan lama robek atau rusak. Selain memilih bahan yang tepat dan bisa awet jika kalian memperlakukannya dengan tepat.

Berikut adalah beberapa tips yang telah di rangkum Satukanal.com terkait bagaimana cara merawat jas hujan agar tidak mudah robek, simak penjelasan berikut ini.

1. Bersihkan kotoran atau noda yang menempel

Setelah digunakan, pastikan untuk membersihkan permukaan yang terdapat noda atau kotoran yang menempel. Hal itu penting dilakukan, karena pada saat hujan, jas hujan pun akan terciprat air bercampur pasir bahkan beberapa noda lumpur. Sehingga, bersihkan kotoran yang menempel menggunakan air bersih.

Biasanya kotoran tersebut banyak di dapati pada celana bagian bawah karena sering terkena cipratan air. Apabila tidak ada air bersih, maka gunakan lap kain atau kanebo untuk membersihkan noda tersebut.

2. Mengeringkannya

Apabila noda atau kotoran pada jas hujan telah dibersihkan, setelah itu keringkan atau angin-anginkan agar tidak basah. Jangan mengeringkannya pada area yang panas atau terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga :  Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Wilayah Mana Yang Bisa Menyaksikan?

Keringkan di tempat yang sejuk dengan menggantungkannya menggunakan gantungan jemuran. Ingat, jangan langsung melipat dan menyimpan saat kain dalam keadaan basah. Air hujan memiliki sifatnya asam, ketika lama menempel akan membuat bahannya jadi tipis kemudian cepat robek.

Saat masih dalam kondisi basah maka sisa air yang melekat pada permukaan kain akan menempel dan menyulitkan kalian ketika akan menggunakannya kembali. Selain itu apabila masih terdapat sisa noda yang menempel akan membuatnya terlihat kotor, kusam, dan bau.

3. Lipat dengan rapi

Ketika jas hujan sudah dalam kondisi kering maka lipatlah dengan rapi dan masukkan ke dalam tas khusus yang mudah dibawa atau pada saat musim hujan seperti sekarang, simpanlah di bawah jok atau di dalam box motor kalian.

Tujuan melipatnya dengan rapi merupakan salah satu hal guna menjaganya agar tetap awet dan tidak mudah robek. Karena apabila jas hujan tidak dilipat, maka kainnya mudah kusut dan berpotensi besar untuk robek.

Baca Juga :  Video Viral Pecel Lele Harga Nuthuk, Begini Aturan Sebenarnya!

4. Jangan cuci jas hujan menggunakan detergen

Apabila ingin jas hujan kalian tetap awet maka jangan pernah mencuci jas hujan kalian menggunakan detergen dan jangan menggunakan sikat pada jas hujan yang kotor. Jika noda seperti lumpur yang menempel pada jas hujan sulit untuk diberseihkan, maka gunakan lap kanebo atau lap kain dan lap permukaan jas hujan secara perlahan.

Penggunaan deterjen saat mencuci jas hujan dapat merusak kualitas bahan jas hujan itu sendiri. Apabila noda pada jas hujan telah mengering maka gunakan air bersih dan sabun cuci piring agar noda cepat hilang. Penggunaan sabun cuci piring juga lebih aman digunakan.

5. Lepas jas hujan ketika hujan mulai reda

Cara agar jas hujan tidak mudah robek salah satunya adalah melepasnya ketika hujan mulai reda. Apabila tidak segera dilepas, maka kondisi kain yang kering serta adanya angin pada saat kendaraan melaju, dapat membuatnya cepat robek. Sehingga, jika hujan sudah reda maka segera lepad dan lipatlah. Lalu sesampainnya dirumah segeralah keringkan dengan cara menggantungnya.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait