5 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Pancaroba - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Gampang Sakit
Ilustrasi seseorang sedang sakit (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

5 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Pancaroba

Satukanal.com, Nasional – Mendengar istilah pancaroba pasti yang terbesit dalam kepala kita adalah bencana alam seperti banjir, hujan deras, badai, angin yang kencang dan juga penyakit.

Musim pancaroba ini biasanya ditandai dengan cuaca yang cenderung tidak menentu, seperti angin yang berhembus sangat kencang dan terkadang diikuti dengan curah hujan yang relatif tinggi.

Perubahan cuaca yang tidak menentu bisa membuat daya tubuh seseorang melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit. Kebanyakan penyakit yang menyerang disebabkan bakteri atau virus. Berikut beberapa penyakit musim pancaroba yang sering terjadi.

  • Demam berdarah
  • Tipes
  • Influenza
  • Demam
  • Pilek dan batuk
  • Infeksi saluran pernapasan, dll.

Oleh karenanya, menjaga kesehatan pada musim pancaroba sangat penting agar terhindar dari penyakit. berikut tips-tips menjaga kesehatan saat musim pancaroba.

1. Perbanyak minum air putih

Ketika musim pancaroba tiba, kamu harus menjaga konsumsi cairan harian. Jangan sampai kamu kurang cairan, karena akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tetap minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

Baca Juga :  Varian Baru Omicron di Afrika Selatan Mengkhawatirkan, Mengapa?

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

3. Menjaga Asupan Nutrisi Seimbang

Selanjutnya, saat musim pancaroba pastikan tubuhmu menerima asupan nutrisi yang seimbang, baik dari hewani dan sayuran. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung serat prebiotik, vitamin, mineral, serta berbagai antioksidan. Tambahkan asupan daging dan ikan. Apabila tak suka dengan daging, bisa dialihkan pada telur sebagai ganti protein hewani.

Baca Juga :  Kaum Hawa Wajib Tau, Ini Cara Cek Kosmetik yang Terdaftar di BPOM

4. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Selain itu, olahraga juga dapat mengendalikan berat badan dan membuat pelakunya merasa lebih bugar. 

Dikutip dari Sehatq, cobalah untuk berolahraga sekitar 30-60 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. Akan tetapi, jika kamu tidak bisa melakukannya sesering itu, lakukan semampumu daripada tidak sama sekali. 

5. Mengelola stres dengan baik

Stres merupakan hal yang sering terjadi, namun penting untuk mengelolanya sebaik mungkin. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan mengganggu metabolisme tubuh.

Selain itu, stres juga dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Dalam mengelola stres, cobalah untuk berolahraga, berjalan-jalan di alam, mempraktikan teknik pernapasan, melakukan meditasi, atau berkumpul bersama teman-teman. Akan tetapi, jika stres yang dirasakan tak juga berkurang atau semakin memburuk, sebaiknya segera cari bantuan psikolog. 

 

Editor : Naviska 

Kanal Terkait