5 Tips Hindari Kantuk Saat Berkendara - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Tips Hindari Kantuk Saat Berkendara
Ilustrasi seseorang berkendara (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

5 Tips Hindari Kantuk Saat Berkendara

Satukanal.com, Nasional – Ketika sedang berkendara, terkadang tubuh yang lelah menyebabkan rasa kantuk yang tak tertahankan. Kondisi mengantuk inilah yang menjadi momok menakutkan bagi para pengemudi.

Pasalnya, beberapa kecelakaan yang terjadi baru-baru ini disebabkan oleh sopir yang mengantuk. Tidak sedikit juga kecelakaan tersebut kemudian merenggut nyawa orang-orang di dalamnya bahkan turut membahayakan pengendara lainnya.

Lalu bagi yang sering menahan kantuk saat berkendara, berikut tips hindari kantuk dari Satukanal.com.

1. Selalu sedia air minum

Ketika sedang berkendara, menyediakan minuman sudah menjadi barang wajib. Minuman yang mengandung kafein atau minuman berenergi bisa menjadi pilihan agar terhindar dari kantuk ketika mengemudi.

Selain itu, menyediakan air mineral juga bisa menjadi pilihan. Air mineral dapat membantu tubuh mencukupi asupan mineral sehingga terhindar dari dehidrasi. Selain untuk konsumsi, air mineral juga berguna jika ingin sekedar membasuh wajah untuk sejenak menghilangkan kantuk.

Baca Juga :  Battlefield 2042 Sudah Rilis, Ini Spesifikasi PC yang Bisa Untuk Memainkannya!

2. Menepi dan istirahan untuk tidur

Saat rasa kantuk tak tertahankan, cara terbaik untuk menghilangkannya dengan menepikan kendaraan, lalu tidur sejenak. Setelah tidur, pengendara boleh mengonsumsi kopi sesuai kebutuhan untuk membantu menjadi kesadaran tubuh dan makan secukupnya.

Tidur atau istirahat sejenak ketika sedang dalam perjalanan jauh memang penting dilakukan. Karena jika rasa kantuk datang dan pengemudi memaksakan untuk tetap berjalan, hal tersebut hanya akan membahayakan nyawa.

3. Mendengarkan lagu

Bagi para pengendara roda empat, salah satu cara menghindari kantuk yakni dengan mendengarkan lagu. Pilih lagu kesukaan kalian dan naikkan volume, agar saat berkendara tidak membosankan. Sehingga rasa kantukpun akan hilang ketika ada hiburan.

Baca Juga :  Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Kembali Larang Perayaan Tahun Baru

4. Minta ditemani saat berkendara

Apabila akan mengemudi dengan jarak yang cukup jauh apalagi dalam kondisi kurang tidur atau kelelahan, sebaiknya jangan berkendara sendiri. Jadi, carilah teman saat akan mengemudi. Ajaklah teman atau keluarga yang bisa menemani sepanjang jalan.

Ketika ada teman yang duduk disamping pengendara, mengobrol bersama bisa mengurangi rasa kantuk. Namun, saat mengobrol, pengemudi tetap harus fokus pada kondisi jalan atau lalu lintas demi keselamatan bersama.

5. Mengunyah permen karet

Cara terakhir yakni dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat membantu seseorang dalam meningkatkan konsentrasi. Hal ini dapat bermanfaat apabila seseorang dalam kondisi mengemudi agar tidak mudah mengantuk.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait