5 Tips Cegah Sepatu Dari Bau Apek Saat Musim Hujan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Tips Cegah Sepatu Dari Bau Apek Saat Musim Hujan
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

5 Tips Cegah Sepatu Dari Bau Apek Saat Musim Hujan

Satukanal.com, Nasional – Memasuki musim hujan, mungkin saat dalam perjalanan berangkat ataupun pulang dari kantor bisa saja hujan deras tiba-tiba menerjang. Tentunya, sepatupun menjadi basah dan pastinya akan menjadi bau jika tidak segera di cuci ataupun dikeringkan.

Saat musim hujan seperti saat ini, curah hujan yang tinggi menyebabkan tidak dapat memprediksi kapan hujan akan tiba, dan bisa saja hujan turun pada satu hari penuh. Hal tersebut seringkali menyebabkan rasa malas ketika akan mencuci sepatu.

Tidak adanya sinar matahari dan ruangan yang cenderung lembab saat musim hujan, juga meyebabkan sepatu yang telah di cuci tetap menimbulkan bau apek saat tengah dipakai. Tentunya hal tersebut sangatlah membuat tidak nyaman para pemakainnya.

Untuk itu Satukanal.com pada artikel ini memberikan beberapa tips dan solusi mencegah sepatu dari bau apek saat musim hujan, Simak tipsnya.

1. Masukan teh celup didalam sepatu

Apabila kalian telah mencuci sepatu namun bau apek pada sepatu tidak bisa hilang, maka kalian dapat menggunakan kantung teh celup untuk mengurangi bau apek pada sepatu. Untuk kalian yang ingin mencoba tips ini, gunakan jantung teh celup yang sudah bekas atau yang sudah pernah digunakan.

Selain itu usahakan untuk memilih teh hitam agar memberikan efek secara maksimal. Selain itu jangan langsung masukkan kantung teh celup yang masih panas dan masih dipenuhi air. Tunggu kantung teh hingga dingin dan kering.

Setelah kantung teh kering dan tidak ada air yang menetes maka letakkan dalam masing-masing sepatu yang masih dirasa bau apek. Setelah itu letakkan selama semalam agar hasilnya maksimal dan bau apek dari sepatu kalian akan hilang.

Baca Juga :  Kenali 10 Nama Baru Varian Baru Virus Corona

2. Menaburi baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan dapur yang memang memiliki banyak manfaat. Bahan dapur ini merupakan bahan yang sangat mudah dijumpai di toko-toko sekitar rumah atau bahkan mungkin sudah kalian miliki di rumah.

Ternyata bubuk baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat membantu mengusir bau di dalam sepatu dengan mudah. Caranya pemakaiannya pun cukup  mudah yakni dengan menaburkannya ke bagian dalam sepatu secara menyeluruh.

Setelah itu biarkan sepatu yang sudah ditaburi baking soda tersebut  hingga semalaman. Lalu di pagi harinya, bersihkan sisa-sisa baking soda tersebut dan coba cium sepatumu niscaya bau apek yang muncul dijamin sudah menghilang.

3. Usap bagian dalam sepatu dengan alkohol

Bau apek pada sepatu biasanya muncul akibat berkembangnya bakteri di kondisi lembap, salah satu musuh dari bakteri salah satunya adalah alkohol. Cara penggunaan alkohol untuk mengurangi bau apek pada sepatu juga cukup mudah.

Langkah pertama yakni dengan mengoleskan alkohol secara merata ke bagian dalam sepatu secara menyeluruh. Pada saat melumuri cairan alkohol pada sepatu, aplikasikan menggunakan kuas dan jangan sampai terlalu banyak.

Langkah kedua yakni, biarkan sepatu selama satu malam dan pada pagi harinya bau apek akan hilang seketika. Namun pastikan bahwa sepatumu tidak berbahan kulit karena alkohol justru bisa dapat membuat kondisi kulit pada sepatu menjadi rusak.

Baca Juga :  Musisi Anji Viral, Cuitan Lawasnya Soal Narkoba Kembali Mencuat ke Publik

4. Cuci sepatu dan beri parfum khusus sepatu

Apabila sepatu kalian basah terkena air hujan, maka sesampainya dirumah segeralah untuk mencuci sepatu kalian. Jika sepatu yang basah segera dicuci maka akan menimalisir adanya bau serta beberapa noda yang menempel pada sepatu juga akan lebih mudah untuk dihilangkan.

Setelah mencuci sepatu dan memastikannya bersih, kalian bisa memanfaatkan kipas angin ruangan atau hair dryer untuk membatu proses pengeringan sepatu lebih cepat. Jika sepatu sudah dalam keadaan kering jangan lupa menyemprotkan cairan parfum khusus sepatuagar sepatu kalian bisa terhindar dari bau apek.

5. Keringkan sepatu dan kaus kaki

Cara ini menjadi salah satu cara yang paling jitu untuk mengatasi sepatu yang bau apek. Oleh karena itu, jika sepatu basah atau terasa lembab, cobalah untuk mejemur atau mengeringkannya terlebih dahulu. Agar nanti jika dipakai kembali, sepatu tidak berbau apek.

Mengeringkan sepatu dapat dilakan dengan mengangin-anginkannya. Namun, apabila hujan datang seharian maka manfaatkan kipas angin atau hair dryer agar sepatu kalian cepat kering kembali.

Tips-tips di atas bisa kalian terapkan untuk mencegah sepatu agar tidak berbau apek saat musim hujan. Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait