5 Tips Agar Tetap Konsisten Saat Berolahraga - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Tips Agar Tetap Konsisten Saat Berolahraga
Ilustrasi seseorang berolahraga (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

5 Tips Agar Tetap Konsisten Saat Berolahraga

Satukanal.com, Nasional – Apabila dari kalian ingin memulai hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, namun, untuk memulai agar konsisten berolahraga sangatlah sulit dan berat dilakukan. Agar kalian dapat konsisten berolahraga, kalian bisa memulai dengan membuat jadwal berolahraga.

Selain menentukan jadwal berolahraga, supaya kamu lebih konsisten kamu bisa melakukan beberapa tips dari Satukanal.com berikut ini:

1. Membuat jadwal berolahraga

Meski sibuk bekerja seharian dan baru pulang di malam hari, sebisa mungkin luangkanlah sedikit waktumu untuk berolahraga. Olahraga ibarat pelepas stres karena efeknya mampu mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Masih sangat mungkin untuk menjadwalkan olahraga rutin di tengah kesibukanmu setiap harinya, yakni dengan:

  • Mengubah gaya hidup
  • Mencatat dan memantau keberhasilan olahraga dengan aplikasi olahraga
  • Mengikuti kelas olahraga
  • Dapat meluangkan waktu berolahraga dimana saja
  • Membuat jadwal kegiatan sehari-hari

2. Menentukan durasi berolahraga

Berapa durasi maksimal olahraga yang bisa dilakukan seseorang dalam sehari tergantung pada kekuatan daya tahan tubuh masing-masing orang. Selain itu, hal ini juga tergantung pada jumlah nutrisi dan kalori yang ia konsumsi.

Baca Juga :  Jangan Dianggap Sepele, Ini Urutan Perawatan Rambut yang Benar

Tanpa daya tahan yang kuat dan energi yang memadai, seseorang tidak akan bisa berolahraga dalam waktu yang lama. Sebaiknya olahraga tidak dilakukan sampai menghabiskan energi di dalam tubuh atau memforsirnya, karena dapat membahayakan kesehatan.

3. Fokus pada diri sendiri

Tentu akan selalu ada seseorang yang lebih bugar, cepat, atau fleksibel dibanding kamu. Jangan bandingkan diri kamu dengan mereka. Jangan biarkan mereka menghalangi kamu dari tujuan utama. Waktu olahraga kamu adalah untuk kamu dan tentang kamu.

4. Mulai dari waktu yang paling sebentar

Paksalah diri kamu untuk melakukan olahraga, mulai dari waktu yang paling sebentar yang kamu sanggupi. Misalnya 5 atau 7 menit. Setelah selesai, ukurlah diri apakah masih kuat  untuk lanjut. Jika tidak, kamu dapat melakukannya beberapa sesi kecil sepanjang hari. Lebih baik sebentar tapi konsisten daripada lama tetapi jarang.

Baca Juga :  PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 6 Wilayah Level 4

5. Imbangi dengan makan makanan yang kaya nutrisi

Saat olahraga akan membakar kalori dengan begitu banyak. Hal ini pastinya akan membutuhkan suplai energi dalam jumlah yang tak sedikit. Dengan asupan makanan yang tepat, dapat membuat tubuh menghasilkan energi. Pola makan sehat adalah kunci utama agar dapat merasakan dampak positif dari berolahraga.

Saat berolahraga, pastikan makanan yang tak terlalu berat, tetapi kayak akan nutrisi selalu berada di dekatmu. Minumlah jus buah atau yoghurt ketika kamu mulai lelah. Selesai berolahraga, kamu juga harus memakan makanan tinggi protein untuk memperbaiki kerusakan jaringan otot atau bahkan meningkatkan massa otot.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait