5 Tempat Berbahaya Meletakkan HP, Awas Bahaya! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Rekomendasi Handphone Untuk Tahun 2022
Ilustrasi seseorang menggunakan handphone (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

5 Tempat Berbahaya Meletakkan HP, Awas Bahaya!

Satukanal.com, Nasional – Tahukah kamu tempat berbahaya meletakkan HP?. Melakukan aktivitas di zaman sekarang tanpa membawa handphone pasti rasanya seperti ada yang kurang. Karena ponsel telah menjadi benda yang tak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari.

Selain untuk komunikasi, dengan handphone kita bisa melakukan transfer antar bank ataupun mencari informasi di Google. Perlu diperhatikan, kamu tidak boleh sembarangan dalam menaruh handphone karena bisa berdampak buruk bagi keamanan dan kesehatan.

Demi keamanan dan kesehatan kita, berikut tempat berbahaya meletakkan HP, simak selengkapnya.

1. Kamar Mandi

Ini sering terjadi jika kalian mandi dan tetap ingin bersanding dengan handphone kalian. Kamar mandi merupakan tempat kotor yang menyimpan segidang bakteri di dalamnya.

Sekalipun kalian sudah meletakkan ponsel jauh dari kloset kamar mandi, bakteri yang hinggap dipermukaan kloset dapat terlempar sejauh satu kilometer saat kalian membilasnya (flush).

2. Bawah Bantal

Menurut World Health Organization (WHO), radiasi HP bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa sekaligus lebih rentan terhadap radiasi.

Baca Juga :  Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin Terjaring OTT KPK

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis mengatakan bahwa paparan radiasi dari HP dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak membuat risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

3. Saku pakaian

Saku pakaian memang diciptakan agar kita lebih mudah menyimpan benda-benda kecil, termasuk HP. Namun, ada banyak hal negatif yang kemungkinan besar terjadi saat kita menyimpan HP di dalam saku.

Menurut pakar kesehatan Lilly Friedman, kantong pakaian merupakan tempat terburuk untuk menyimpan ponsel. Menurutnya, saat ponsel aktif dan ditempakan di saku, radiasi akan dua hingga tujuh kali lebih tinggi daripada saat disimpan di dompet atau sarung ponsel. Radiasi ponsel ini akan memicu risiko tumor.

Baca Juga :  Ternyata Banyak Manfaatnya, Ini Cara Menerapkan Detoks Media Sosial

4. Dekat dengan Wajah

Meletakkan ponsel terlalu dekat dengan wajah dapat memindahkan bakteri dari wajah ke ponsel lho, begitupun juga sebaliknya. Hal ini dapat meningkatkan jumlah bakteri di wajah dan ponsel, sehingga dapat menimbulkan jerawat dan kanker kulit wajah.

5. Tempat panas

Apabila kamu sering memainkan HP saat matahari terik, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan itu, ya. Suhu panas menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada di dalam smarphone dan bisa mengakibatkan kerusakan permanen.

Selain di terik matahari, hindari juga menyimpan HP di dekat kompor, microwave, atau di dalam mobil. Suhu yang aman untuk menyimpan smartphone yang aman adalah suhu ruang, yaitu sekitar 23 derajat celcius.

Itulah dia berbagai tempat terlarang untuk menyimpan handphone, selain berbahaya bagi kesehatan kita juga berbahaya bagi lingkungan di sekitar kita.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait