5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar, Bukan Hanya Diukur dari IQ Tinggi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar Bukan Hanya Diukur dari IQ Tinggi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

5 Tanda Kamu Cerdas dan Pintar, Bukan Hanya Diukur dari IQ Tinggi

Satukanal.com, Nasional – Terdapat beberapa hal yang dimiliki oleh seseorang dan menandakan bahwa orang tersebut cerdas dan pintar meskipun skor IQ terbilang standart. Salah satunya dibuktikan dari hasil penelitian pada jurnal yang telah dipublikasikan oleh British Journal of Psychology.

Apabila dari kalian yang sudah pernah melakukan tes IQ dan ternyata pada tes tersebut menunjukan hasil yang kurang bagus dan tidak setinggi seperti teman-temanmu, Jangan khawatir.

Berikut adalah rangkuman dari Satukanal.com terkait dengan tanda-tanda seseorang cerdas dan pintar, simak pembahasan berikut, siapa tahu kamu salah satunya.

1. Dapat mengontrol diri sendiri

Apabila dalam menyikapi suatu hal, kalian dapat mengontrol diri sendiri salah satunya mengontrol emosi atau keinginan, artinya kalian merupakan salah satu orang yang dapat dibilang pintar dan memiliki pemikiran dewasa.

Pada beberapa situasi atau kondisi yang tidak memungkinkan, memang mengontrol perilaku diri merupakan sesuatu hal yang sangat sulit, apalagi situasi pikiran sedang diujung ambang emosi. Namun, ketika emosi memuncak tetapi tetap dapat berpikir jernih dan mengontrol diri maka tingkat kecerdasan dan kedewasaanmu mulai meningkat.

Baca Juga :  April 2021, Pendakian Gunung Semeru Dibuka Kembali

2. Memiliki rasa penasaran yang tinggi

Jika diantara kalian memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap suatu hal. Kebiasaan tersebut merupakan salah satu ciri bahwa kalian merupakan orang yang cerdas dan pintar. Karena salah satu ciri orang pintar adalah mereka yang suka ingin tau, mengapa, app, bagaimana suatu hal dapat terjadi.

Entah itu dalam konteks kemanusiaan, kultur, alam, atau sejarah. Hal inilah yang membuat mereka selalu berusaha mencari tau jawaban atas pertanyaan mereka. Sehingga rasa ingin tau tersebut juga membuat otak terus berpikir yang menyebabkan kinerja otak semakin meningkat dan tingkat kecerdasan seseorang akan turut meningkat juga.

3. Dapat menghargai pendapat orang lain

Kalian yang cerdas dan pintar pasti tidak akan asal menghakimi pendapat orang yang diutarakan oleh orang lain dan mengatakan bahwa dirimu benar dalam setiap hal. Kalau kalian merupakan seorang yang pintar, biasanya kalian akan lebih memilih untuk diam mendengarkan pendapat orang lain dan mengobservasi pendapat oran tersebut untuk mencari celah kebenaran atau kesalahannya.

4. Memiliki daya ingat yang kuat

Seseorang yang sering membaca buku dan memiliki skor IQ tinggi bukan menjadi salah satu patokan bahwa orang tersebut cerdas dan pintar. Namun, apabila seseorang memiliki tingkat kemampuan mengingat yang tinggi menjadi salah satu hal yang berkaitan erat dengan kepintaran seseorang.

Baca Juga :  Tes GeNose Saat Berpuasa, Jangan Melebihi 6 Jam Pasca Sahur

Sehingga, apabila dari kalian yang sering fokus akan sesuatu hal dengan mengingat dan mengamatinya, maka dalam hal ini kalian memiliki kepintaran kognitif di atas rata-rata.

5. Memiliki jiwa empati dan simpati terharap setiap orang

Hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang psikoterapis dari Create Your Life Studio bernama Christine Scott-Hudson,  seorang yang pintar memiliki emosi yang baik juga. Semakin tinggi empati dan simpati kalian, artinya kecerdasan dan kepintaran kalian juga akan semakin meningkat.

Pada lima tanda-tanda seseorang dapat dikatakan cerdas dan pintar seperti yang telah dirangkum Satukanal.com, membuktikan bahwa tingkat kepintaran dan kecerdasan seseorang tidak hanya di ukur dari skor IQ ataupun memiliki nilai 100 pada setiap mata pelajaran.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait