5 Rekomendasi wisata Air Terjun di Malang Raya Dengan Keindahan Alamnya | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Rekomendasi wisata Air Terjun di Malang Raya Dengan Keindahan Alamnya
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

5 Rekomendasi wisata Air Terjun di Malang Raya Dengan Keindahan Alamnya

SATUKANAL.com, MALANG – Sudah bukan rahasia lagi bahwa Malang memiliki beragam destinasi wisata favorit bagi para wisatawan, Salah satunya wisata air terjun. Beberapa daerah di Malang yang masih terjaga keasriannya, merupakan salah satu yang dicari wisatawan dari luar kota untuk sekedar memanjakan mata. Bahkan beberapa tempat wisata yang ada sudah bertaraf nasional hingga Internasional.

Berikut ini terdapat lima rekomendasi tempat wisata air terjun di Malang yang wajib di kunjungi. Selain indah, suhu udara yang sejuk pasti akan membuatmu betah berlama-lama berada di sana.

1. Coban Jahe


Wisata Air terjun Coban Jahe memiliki ketinggian air terjun yang mencapai kurang lebih 45 meter dengan debit air yang lumayan deras.
Dilokasi tersebut pengunjung akan disuguhi dengan kondisi alam yang masih asri, dan suasana alam yang segar serta suara gemericik air dan rindangnya pepohonan. Sehingga wisata ini pun sangat cocok untuk dijadikan destinasi baru.
Harga tiket masuk tempat wisata ini juga sangatlah terjangkau yakni Rp. 5.000 per orang, untuk jam oprasional Coban Jahe dimulai pada pukul 08.00 dan tutup pada pukul 16.00 WIB.

2. Coban Putri


Coban Putri terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Batu, tepatnya 5 km ke arah selatan dari alun-alun Kota Batu. Untuk bisa sampai di Coban Putri, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 17 km dari pusat Kota Malang.
Coban Putri memiliki ketinggian sekitar 10-35 meter dan lebar sekitar 3 meter. Airnya memiliki arus yang tidak terlalu deras dan warnanya sangat jernih seperti cermin. Pemandangan di sekitar Coban Putri sangat asri.
Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, dulunya Coban Putri merupakan tempat untuk mandi Puteri Ken Dedes Oleh karena itu, sampai saat ini air terjun tersebut dinamakan Coban Putri. Namun, ada pula pendapat lain yang menyatakan bahwa penamaan Coban Putri dikarenakan bentuk aliran air terjun tersebut mirip seperti belahan rambut seorang putri.
Dilokasi tersebut juga terdapat fasilitas menarik lainnya seperti, ayunan, dan spot foto yang instagramable. Harga tiket masuk Coban Putri ini hanya sekitar Rp. 10.000 per orangnya. untuk jam oprasional Coban Putri dimulai pada pukul 09.00 dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Baca Juga :  Wali Kota Malang Lakukan Sidak Tugu Tirta Guna Evaluasi Kinerja

3. Sumber Pitu Pujon

Coban Sumber Pitu yang dalam bahasa Indonesia artinya air terjun dengan tujuh sumber. Hal ini dikarenakan air terjun sumber pitu memiliki tujuh air terjun yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar kurang lebih 50 meter.
Berada di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Coban Sumber Pitu atau lebih dikenal Coban Pitu, terbilang masih alami dan tersembunyi di tengah hutan. Jadi, untuk menikmati keindahan Coban Pitu, harus bersusah payah terlebih dahulu karena lokasinya masih tersembunyi di balik rerimbunan hutan.
Dimulai dari jalur offroad yang belubang, berbatu, dan menanjak yang dapat dilalui mobil offroad atau motor sejauh 2,5 kilometer. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer dengan kontur tanah naik turun melewati semak berduri dan rumput ilalang. Namun selama berjalan kaki, pengunjung dapat menikmati pemandangan gunung dan tebing indah yang curam di sisi kanan kiri.
Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 per orang, setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor anda atau bila sedang musim hujan, saya sarankan baiknya berjalan kaki saja dan lebih baik menggunakan sepatu.
Masyarakat setempat juga menyediakan ojek untuk sampai ke Pos 2 dengan harga Rp 30.000,00 untuk pergi dan berangkat. Perjalanan dari Pos 1 ke Pos membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit jika mengendari motor atau mobil dan 30 menit jika Anda mendaki.

Baca Juga :  Ikhtiar Dari Sang Ayah Membuahkan Hasil, Prof. Dr. Moh. Fadli, S.H., M.Hum Raih Gelar Profesor Universitas Brawijaya

4. Coban Gintung


Berlokasi di Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur. Pemandangan air terjun sangat menarik dengan perpaduan antara tebing tinggi yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau dan memiliki air yang jernih.
Pengunjung tidak hanya menikmati wisata air terjun saja namun di lokasi wisata tersebut juga ada Gua Purba yang keberadaanya memang sudah ada sejak zaman purba. Di Gua tersebut juga hidup banyak kelelawar yang menimbulkan bau menyengat disekitar Gua tersebut.
Harga tiket masuk Coban Gintung hanya Rp. 5.000 per orang saja. Fasilitas yang disediakan di lokasi wisata tersebut juga lumayan lengkap. Di lokasi tersebut juga terdapat warung-warung makan yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

5. Coban Nirwana


Lokasi Coban Nirwana yang ada di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang atau tepatnya di perbatasan antara wilayah Gedangan dengan Sumber Manjing Wetan, Malang. Coban Nirwana yang saat ini sudah banyak dikunjungi para wisatawan. Karena memiliki beragam spot instagramable yang dapat digunakan untuk berfoto.
Bagi pengunjung yang ingin berwisata di Coban Nirwana tidak ada ketentuan harga tiket masuk, pengunjug hanya memberikan biaya tiket masuk secara sukarela sebagai sumbangan untuk warga setempat yang turut berperan aktif mengelola Voban Nirwana ini.

Itulah lima rekomendasi wisata alam air terjun yang ada di Malang raya dan bisa di jadikan list destinasi wisata di hari libur nantinya.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait