5 Rekomendasi Media Tanam Hidroponik Yang Dapat Digunakan Di Rumah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Rekomendasi Media Tanam Hidroponik Yang Dapat Digunakan Di Rumah
STRAIGHT NEWS

5 Rekomendasi Media Tanam Hidroponik Yang Dapat Digunakan Di Rumah

SATUKANAL.com, NASIONAL– Media tanam hidroponik menjadi faktor penting untuk menghasilkan tanaman yang indah, selain pemilihan benih dan jenis tanaman yang tepat. Metode penanaman hidroponik disebut cocok untuk warga perkotaan yang memiliki sedikit lahan.

Meski, hidroponik merupakan teknik bertani yang menggunakan air sebagai media tanam dan media suplai nutrisi. Sebenarnya ada berbagai macam media tanam hidroponik yang dapat digunakan. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Hidroton

Media tanam ini merupakan produk dari tanah liat yang diproses melalui pemanasan dengan suhu tinggi lebih dari 1.000 derajat Celcius. Hidroton memiliki pori-pori kecil seperti spons, sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah kelebihan air dan mencegah overwatering atau penyiraman terlalu banyak

2. Rockwool Media

tanam ini dibuat dari batu apung yang dipanaskan dan dibentuk serat serta wafer dengan spesifikasi khusus untuk tanaman sayuran maupun tanaman hias. Awalnya, bahan ini digunakan sebagai pelengkap konstruksi pabrik, industri, kantor, dan lainnya. Rockwool memiliki kemampuan menahan air dan udara dalam jumlah banyak, baik untuk mendukung perkembangan akar tanaman.

Baca Juga :  Aplikasi AWS Dari UGM, Bantu Petani Membaca Kondisi Cuaca

3. Arang sekam

Sekam padi mempunyai kemampuan untuk menyerap dan menyimpan air sebagai cadangan makanan. Arang sekam padi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk dan bahan baku briket arang. Sekam ini bisa diperoleh di tempat penggilingan padi. Arang sekam juga bisa digunakan sebagai campuran pupuk dan media tanam di persemaian.

4. Kerikil atau pasir

Kerikil memiliki pori-pori makro yang lebih banyak daripada pasir. Ini sering digunakan sebagai media untuk budi daya tanaman secara hidroponik. Penggunaan media kerikil akan membantu peredaran larutan unsur hara dan udara tidak menekan pertumbuhan akar. Namun, kemampuan mengikat air yang dimiliki kerikil relatif rendah sehingga mudah basah dan cepat kering jika penyiraman tidak dilakukan secara rutin.

Baca Juga :  Larangan Mudik Lebaran 2021, Bus Dengan Stiker Khusus Bakal Diizinkan Beroperasi

5. Pecahan Genteng atau Batu Bata

Media tanam ini juga berfungsi untuk melekatkan akar. Sebaiknya ukuran batu-bata yang akan digunakan sebagai media tanam dibuat kecil seperti kerikil dengan ukurang sekitar 2 cm hingga 3 cm. Semakin kecil ukurannya, maka semakin baik kemampuan daya serapnya terhadap air maupun unsur hara. Selain itu, ukuran yang lebih kecil juga dapat membuat sirkulasi udara dan kelembapan di sekitar akar tanaman berlangsung lebih baik.

Nah, ulasan di atas merupakan media tanam hidroponik yang dapat dimanfaatkan. Jangan ragu untuk mencobanya dengan menggunakan media tanam tersebut. Tak perlu khawatir, karena tanaman yang dimilikipun tentunya akan tumbuh dengan perawatan yang baik.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait