5 Rasa Es Krim Unik Nan Nyeleneh Ala Indonesia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Rasa Es Krim Unik Nan Nyeleneh Ala Indonesia
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight Kanal Viral

5 Rasa Es Krim Unik Nan Nyeleneh Ala Indonesia

SATUKANAL.com, NASIONAL– Es krim menjadi salah satu makanan favorit banyak orang di dunia terutama Indonesia. Negara yang terkenal dengan iklim tropisnya ini, membuat orang-orang di Indonesia  memilih es krim sebagai kudapan wajib kala musim kemarau telah tiba.

Es krim memiliki berbagai varian rasa yang menarik perhatian. Jika dilihat dari sejarahnya, es krim atau gelato ternyata sudah menjadi kudapan favorit sejak ribuan tahun lalu. Dilansir dari goodnewsfromindonesia, es krim ditemukan pada abad ke-7 di dataran China dengan bentuk awal berupa susu beku.

Penyebaran es krim sendiri karena adanya jalur perdagangan China (jalur Sutera). Awalnya penyebarannya dimulai dari Timur Tengah hingga ke daerah Eropa serta sampai ke Indonesia. Begitu halnya dengan gelato, yang diperkirakan ada sejak tahun 1500 dan diciptakan pertama kali oleh Italia.

Es krim maupun Gelato seakan tak pernah absen dari tren kuliner umat manusia sepanjang tahun. Selalu ada varian rasa yang inovatif bahkan unik. Tak jarang, rasa baru khas suatu daerah di negara tertentu muncul memanjakan lidah para pecintanya.

Di Indonesia, berbagai varian rasa unik khas nusantara hadir bagi penikmat kudapan yang satu ini. Rasa-rasa unik tersebut seakan menambah rasa penasaran pecinta kuliner untuk mencicipi rasa es krim tersebut.

Untuk itu, berikut ulasan 5 es krim dengan rasa unik nan nyeleneh ala Indonesia:

  1. Es krim Bumbu Pecel

Pecel merupakan makanan khas yang banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia terutama daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Biasanya racikan bumbu pecel berasal dari kacang tanah, cabai, bawang, kencur dan daun jeruk. Kemudian, penyajian akan disandingkan dengan aneka sayuran seperti bayam, kangkung, tauge, kol hingga kembang turi yang direbus. Namun, kali ini pecel justru dijadikan bahan utama untuk membuat es krim.

Es krim bumbu pesel ini dapat ditemui di salah satu hotel bintang lima JW Marriott, Surabaya, Jawa Timur. Apabila melihat tampilannya, sekilas memang tidak ada sesuatu yang aneh. Warna es krim nya pun tidak coklat pekat seperti bumbu pesel aslinya. Tapi, saat dicium, aroma khas pecel sangat kental terasa. Meski begitu, es krim dengan rasa bumbu pecel ini patut dicoba sebagai salah satu rekomendasi kudapan unik. Munkin saja kalian akan menyukai rasa es krim unik ini.

Baca Juga :  Hari Lanjut Usia Nasional, Momentum Untuk Mengapresiasi Para Lansia di Indonesia

  1. Es krim nasi uduk

Bagi kalian yang bosan makan nasi uduk dengan cara yang biasa. Es krim yang satu ini patut dicoba untuk dinikmati sebagai opsi sarapan kalian. Sama halnya dengan nasi uduk pada umumnya, es krim ini juga menggunakan bahan yang hampir serupa dengan aslinya. Untuk membuat rasa yang mirip dengan nasi uuduk, es krim ini dibuat lengkap dengan cookies melinjo, teri karamelisasi, puding santan, es krim kecap asin serta selai cabai. Tidak lupa, keripik emping menjadi garnish sekaligus penyempurna rasa es krim nasi uduk ini.

Es krim ini pernah disajikan oleh salah satu kedai Eskimomo di Jakarta. Apabila kalian tertarik mencoba nasi uduk dengan inovasi baru, kalian patut mencoba es krim menarik ini.

  1. Es krim tempe

Bahan dasar es krim ini sangat menunjukkan karakter negara Indonesia sekali. Tempe yang merupakan makananan kaya protein ini terbuat dari kedelai. Biasanya, tempe akan disajikan dengan cara digoreng atau dengan cara lain agar cocok untuk dijadikan lauk makan berat bersama nasi yang panas. Namun, berbeda dengan yang satu ini.

Tempe malah dijadikan bahan utama pembuat es krim yang terkenal dengan rasa manisnya. Kedai ini berhasil mengolah tempe menjadi gelato istimewa. Kedai ini yaitu Gelato Secrets yang berada di Bali dan Jakarta. Untuk bahan utama yaitu tempe, sengaja dipilih tempe organik yang lain dari tempe yang dijual di warung-warung pinggr jalan. Untuk menikmati sensasi rasa tempe yang meleleh dalam mulut, kalian bisa mencoba rekomendasi es krim unik satu ini.

Baca Juga :  Pemeran Zahra Jadi Sorotan Publik, Bagaimana Nasib Sinetron Suara Hati Istri?

  1. Es krim rendang

Rendang merupakan lauk salah satu lauk favorit orang Indonesia. Olahan daging sapi ini bahkan telah mendunia setelah sempat dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Sensasi rasa tajam rempah serta rasa pedas yang meresap ke setiap celah daging sapi membuatnya cocok apabila disajikan dengan nasi hangat putih.

Meski demikian, salah satu kedai gelato di Sleman yang bernama Ademuy Gelato menyajikan rendang dalam bentuk Gelato. Rasa unik dengan perpaduan rempah khas Indonesia ini menjadi bahan utama gelato. Jika kalian minat menikmati rendang dengan sensai yang berbeda, cobalah olahan gelato rendang yang satu ini.

  1. Es krim kemangi

Sekilas jika dilihat dari tampilannya, es krim yang satu ini nampak seperti es krim matcha pada umumnya. Berwarna hijau segar nan menggugah selera. Namun saat kalian mulai mencicipi es krim ini, kalian akan merasakan sensasi berbeda pada suapan pertama. Ada rasa seperti dedaunan yang tak asing pada lidah kalian. Yups, benar sekali. Es krim ini adalah es krim dengan rasa kemangi. Kemangi merupakan salah satu jenis dedaunan yang biasanay dicampurkan ke dalam masakan ataupun sambal. Dengan sensai yang berbeda, es krim bisa dijadikan kudapan unik nan menarik bagi kalian pecinta es krim.

Bagi beberapa orang yang pernah mencoba, es krim denga tekstur padat ini masih bisa dinikmati. Tertarik? Kalian bisa menemukan rasa es krim kemangi ini di kedai Tempo Gelato Yogyakarta atau di kedai Locarasa yang berada di Bandung.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait