5 Negara Dan Armada Yang Membantu Pencarian KRI Nanggala 402 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Negara Dan Armada Yang Membantu Pencarian KRI Nanggala 402
Kanal Highlight Kanal Straight

5 Negara Dan Armada Yang Membantu Pencarian KRI Nanggala 402

SATUKANAL.com, BANYUWANGI – Pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan selat Bali Utara terus berlangsung. TNI mencatat ada 5 negara yang sudah mengirimkan armada guna membantu pencarian. Kelima negara tersebut ialah Singapura, Malaysia, Australia, India dan Amerika serikat.

Berikut informasi seputar armada luar negeri yang membantu dalam pencarian KRI Nanggala 402 dilansir dari Kompastv:

1. MV Swift Rescue

Kementerian Singapura mengerahkan kapal penyelamat miliknya yang dilengkapi dengan kapal selam mini DSAR 6. DSAR 6 mampu menyelam hingga ratusan meter, menempel pada kapal yang rusak, dan melakukan evakuasi ke permukaan.

2. AS P-8 poseidon

Pesawat Poseidon P-8 milik angkatan laut Amerika serikat merupakan pesawat patroli maritim yang di rancang untuk berbagai misi termasuk misi pencarian dan penyelamatan. Pesawat ini dilengkapi dengan radar pencitraan resolusi tinggi (ISSR) untuk pencitraan, deteksi, klasifikasi dan pelacakan kapal selam yang muncul di permukaan, dan kapal kecil yang bergerak cepat di perairan.

3. MV mega Bhakti

Kapal milik Malaysia ini dirancang sebagai kapal pendukung permukaan untuk menyelamatkan kapal selam, yang dilengkapi dengan kendaraan jarak jauh (ROV) yang mampu menyelam hingga kedalaman 400 meter.

4. DSRV India

Kapal berjenis Deep Submergence Rescue Vessel (DSRV) milik milik angkatan laut India ini bersistem yang dapat menemukan kapal selam hingga kedalaman 1000 meter di bawah air menggunakan side scan sonar modern, dan kendaraan yang beroperasi dari jarak jauh

5. HMAS Ballarat dan HMAS Sirius

Australia mengirimkan dua kapal perangnya yang mempunyai masing masing kemampuan. Kedua kapal perang tersebut yakni HMAS Ballarat dan HMAS Sirius. HMAS Ballarat berjenis kapal fregat yang di lengkapi kemampuan sinar dan halycopter MH-60R di atas kapal. Sedangkan HMAS Sirius dapat mengisi ulang kapal dengan bahan bakar, air, dan persediaan dan malam hari.

 

 

 

 

Pewarta : Abdul Konik
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait