5 Manfaat Mencuci Kendaraan Usai Diguyur Hujan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Manfaat Mencuci Kendaraan Usai Diguyur Hujan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

5 Manfaat Mencuci Kendaraan Usai Diguyur Hujan

Satukanal.com, Nasional – Pada saat memasuki musim hujan seperti sekaran ini, beberapa kendaraan roda dua seperti motor dan kendaraan roda empat seperti mobil menjadi cepat kotor. Ketika memasuki musim hujan biasanya pemilik juga malas untuk mencuci kendaraannya, karena hujan nantinya juga akan kembali turun.

Padahal, jika kendaraan usai di guyur hujan dan pemilik tidak langsung mencucinya, maka akan ada efek jangka panjang pada badan kendaraan tersebut. Salah satunya yakni, cat mobil bakal tak secemerlang dulu.

Beberapa resiko buruk lain apabila kendaraan dibiarkan tidak dicuci setelah diguyur hujan salah satunya adalah munculnya karat pada kendaraan salah satunya mobil, sehingga membuat tampilan cat mobil menjadi jelek.

Meski memang dengan mengelap saja dirasa cukup untuk membersihkan mobil dari air hujan. Namun, cara ini sangat tidak dianjurkan agar mobil tetap awet. Untuk itu, ketahui beberapa manfaat pentingnya mencuci mobil pasca terguyur hujan, berikut rangkuman dari Satukanal.com.

1. Menghilangkan polusi yang menempel pada kendaraan

Tak hanya uap air, pada air hujan juga terdapat endapan polusi. Sehingga, pada saat hujan turun, polusi tersebut tentu akan kembali terbawa bersama turunnya air hujan. Jika kendaraan anda terguyur hujan maka polusi yang terbawa oleh hujan otomatis akan menempel pada kendaraan.

Air hujan yang sudah tercampur dengan polusi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi. Terlebih lagi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang memiliki tingkat polusi cukup tinggi.

Baca Juga :  Ingatkan Potensi Karhutla, Awal Musim Kemarau Diperkirakan Mei Dan Juni

Jika dibiarkan berlama-lama menempel pada kendaraan, bukan tidak mungkin karat akan timbul dan merusak fisik kendaraan. Untuk itu, agar tidak ada polusi yang menempel pada kendaraan anda harus segera mencucinya atau membawanya ke tempat cuci kendaraan terdekat.

2. Menghilangkan kadar garam pada air hujan

Perlu diketahui bahwa air hujan berasal dari kumpulan air yang menguap dari banyaknya sumber uap air dalam hujan, sebagian besar pasti berasal dari air laut. Uap dari air laut inilah yang membawa larutan garam tercampur dalam hujan.

Jika dibiarkan menempel pada kendaraan, kandungan garam akan membuat cat mobil cepat rusak dan dapat menimbulkan karat. Tentu anda tidak ingin melihat karat atau cat yang pudar hanya karena malas mencuci kendaraan pasca hujan deras. Untuk itu, segeralah mencuci kendaraan dengan sabun khusus agar kandungan garam yang menempel pada cat mobil bisa hilang.

3. Terhindar dari bercak yang membandel

Kendaraan yang usai diguyur hujan dapat menimbulkan beberapa bercak-bercak. Apabila bercak-bercak pada kendaraan tidak segera dihilangkan, maka lama kelamaan bercak tersebut akan menempel dan makin susah untuk dibersihkan.

Sebelum bercak tersebut susah dihilangkan, maka pemilik kendaraan harus segera mencuci kendaraannya atau atau membawanya ke tempat cuci kendaraan terdekat.

Baca Juga :  Catat! Ini 4 Sekolah Kedinasan Untuk SMK Yang Dibiayai Pemerintah

4. Menjaga cat kendaraan tetap awet

Jika kendaraan usai terkena air hujan tidak segera di cuci, maka air yang menempel pada badan kendaraan akan membuat cat lebih cepat lunak. Cat yang telah melunak tentu akan menjadi lebih mudah tampak kusam dan membuat tampilan kendaraan menjadi kurang bagus.

Bahkan, air hujan juga bisa menyebabkan cat bisa mudah mengelupas. Namun, menghilangkan air hujan yang menempel pada mobil juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Jika anda mengelapnya, bukan tak mungkin kandungan garam yang terdapat pada air hujan akan membuat mobil tergores. Cuci terlebih dulu mobil dengan baik dan keringkan menggunakan kain lap microfiber atau Plas Chamois.

5. Menjaga kendaraan tetap bersih

Kebanyakan orang beranggapan turunnya hujan bagus karena bisa sekaligus membersihkan kendaraan yang kotor. Namun, kenyataannya air hujan justru akan membuat kendaraan menjadi lebih kotor.

Sehingga, segeralah mencuci kendaraan anda agar kondisi kendaraan anda tetap terjaga kebersihannya pada saat kendaraan tersebut dipakai. Jangan sampai membiarkan kendaraan anda kotor dalam waktu yang lama, karena hanya akan membuat kendaraan cepat rusak.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait