5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Warga +62 Ketika Naik Pesawat, Kalian Juga? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Warga +62 Ketika Naik Pesawat, Kalian Juga?
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Warga +62 Ketika Naik Pesawat, Kalian Juga?

Satukanal.com, Nasional – Pesawat merupakan salah satu transportasi udara yang menjadi pilihan transportasi favorit ketika akan berpergian keluar Kota bahkan keluar Negeri. Saat sedang di bandara, tentunya akan menemui berbagai orang seperti warga domestik maupun mancanegara.

Berbeda negara, tentunya kebiasaan dan kebudayaan seseorang juga turut berbeda. Begitu pula di Indonesia, kebiasaan dan kebudayaan masyarakat Indonesia juga akan berbeda dengan beberapa masyarakat dari negara lain.

Bahkan, beberapa kebiasaan dari warga +62 ini juga tergolong unik di mata orang asing. Saking uniknya kebiasaan yang dilakukan warga Indonesia saat naik pesawat, membuat para bule kebingungan saat melihatnya.

Ini adalah beberapa hal yang telah dirangkum Satukanal.com tentang kebiasaan seseorang saat naik pesawat yang bisa mencirikan bahwa penumpang tersebut merupakan orang Indonesia.

 

1. Menyimpan barang bawaan di kardus

Saat berpergian kardus merupakan salah satu tempat penyimpanan yang sering digunakan, karena penggunaan kardus dapat memuat banyak barang-barang bawaan seperti, makanan, oleh-oleh, beberapa potong pakaian bahkan sebagai tempat menyimpan barang-barang elektronik.

Memilih kardus untuk menyimpan beberapa barang bawaan tentunya menjadi salah satu pilihan yang tepat saat akan menggunjungi kota lain, dengan menggunakan pilihan transportasi umum seperti bus, kereta api bahkan salah satu transportasi udara seperti pesawat.

Penggunaan kardus sebagai penyimpanan barang bawaan yang sering dipilih oleh warga Indonesia, merupakan salah satu kebiasaan yang dapat mencirikan bahwa penumpang tersebut merupakan orang Indonesia.

Namun, meskipun kardus merupakan tempat yang cocok untuk meletakkan barang. Pemilihan kardus guna menyimpan beberapa barang elektronik saat naik pesawat sangat tidak dianjurkan. Karena kondisi kardus yang ringkih, dapat mengakibatkan barang bawaan mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Badak Putih Utara, Satwa Langka Yang Dikabarkan Punah

 

2. Terlalu banyak membawa barang bawaan

Saat berpergian apalagi memilih pesawat sebagai sarana transportasi, alangkah lebih baik jika membawa barang tidak terlalu banyak. Jika, barang bawaan terlalu banyak tentunya akan sangat merepotkan.

Kebiasaan terlalu banyak membawa barang bawaan ternyata juga sangat identik dengan orang Indonesia saat menaiki beragam fasilitas umum, salah satunya adalah peswat. Pada saat akan memasuki pesawat, hal wajib yang dilakukan oleh semua penumpang adalah melewati pemeriksaan X-Ray.

Sehingga, jika barang bawaan terlalu banyak, maka saat melakukan pemeriksaan X-Ray juga akan memakan waktu yang cukup lama. Hal tersebut juga akan menciptakan antrian panjang bagi para penumpang pesawat yang lainnya.

 

3. Waktu Check-in mepet

Salah satu hobi beberapa orang Indonesia saat akan naik pesawat adalah datang ke bandara mepet dengan jadwal keberangkatan. Kondisi antrian Chek in yang tidak dapat diprediksi apakah ramai atau tidak, Sehingga, banyak banyak penumpang yang kedapatan terburu-buru sampai meyela antrian penumpang lain.

Beberapa kebiasaan orang Indonesia yang sering terlambat Check in adalah, kebingugan sambil berlari ke arah boarding room. Kebiasaan datang ke Bandara yang mepet waktu keberangkatan ini pun sering menjadi ciri khas bahwa penumpang tersebut merupakan orang Indonesia.

 

4. Mematikan smartphone mepet saat take off 

Pada beberapa maskapai luar negeri tidak mewajibkan penumpang pesawat untuk mematikan smartphone, penumpang pesawat hanya diwajibkan untuk mengaktifkan flight mode. Namun, berbeda dengan maskapai Indonesia, yang memiliki aturan mewajibkan bagi para penumpang peswat untuk mematikan smartphone nya.

Baca Juga :  Kemendag Impor 76.568 ton Bawang Putih, Anggota DPR RI : Impor hanya menambah penderitaan rakyat

Beberapa kebiasaan penumpang Indonesia adalah tidak langsung mematikan smartphone miliknya saat pihak maskapai sudah mengumumkan untuk mematikannya. Bahkan, beberapa penumpang Indonesia didapati menjelang take off baru mematikan smartphone nya.

Banyak yang bilang sinyal smartphone ini mengganggu jalur komunikasi pesawat, tapi ada juga yang bilang itu hanyalah mitos. Dengan segala perdebatan yang ada, Lebih bagus apabila aturan penerbangan di taati bersama guna keselamatan dan kelancaran pada saat penerbangan.

 

5. Pada saat landing menyalakan smartphone

Kebiasaan yang dilakukan beberapa orang Indonesia saat naik pesawat adalah, langsung menyalakan smartphone atau mematikan flight mode pada saat pesawat landing. Padahal anjurannya adalah, smartphone dinyalakan saat sudah tiba di terminal kedatangan.

 

Dari kelima Kebiasaan buruk ini lah yang sering di lalukan oleh beberapa penumpang khususnya penumpang Indonesia. Adanya aturan mengenai kewajiban yang harus dilakukan para penumpang pesawat sejatinya menjadi hal yang wajib di taati.

Berlakunya beberapa aturan tersebut, semata-mata guna terjagannya kelancaran dan keselamatan dari para penumpang pesawat. 5 hal tersebut juga merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh warga +62, Apakah kalian pernah melakukan hal yang sama ?

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait