5 Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Gampang Sakit - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Gampang Sakit
Ilustrasi seseorang sedang sakit (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

5 Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Gampang Sakit

Satukanal.com, Nasional – Hidup sehat pasti jadi dambaan semua orang, termasuk kamu kan pastinya? Untuk mendapatkannya berbagai cara pun dilakukan, mulai dari olahraga, menjalani gaya hidup yang sehat, hingga mengatur pola makan.

Penyebab tubuh rentan sakit bisa karena berbagai hal. Beberapa di antaranya karena sejumlah kebiasaan seperti kurang sinar matahari, kurang tidur, serta tak mengatasi stres dengan baik. Lalu, kebiasaan apa saja sih yang bikin tubuh mudah sakit? Simak ulasan dari Satukanal.com berikut ini.

1. Begadang

Terlalu sering begadang membuat seseorang kurang tidur. Jika dilakukan sesekali saja tidak masalah. Namun jika terlalu sering, ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa saja terjadi. Beberapa di antaranya adalah penurunan daya ingat, berat badan, kehidupan seksual, serta penurutnan kesehatan tubuh.

2. Terlalu banyak konsumsi gula

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan rekomendasi asupan gula per hari yakni 10% dari total energi (200 kkal). Angka ini setara dengan 4 sendok makan per hari (50 gram/orang/hari). Pembatasan tersebut dilakukan karena ada bahaya yang tidak boleh Anda anggap sepele di balik manisnya rasa gula.

Baca Juga :  330 Instansi Bakal Umumkan Hasil SKD CPNS 2021, Simak Jadwalnya

Beberapa bahaya dari konsumsi makanan manis yang berlebihan diantarannya, obesitas, kerusakan gigi, diabetes, penyakit jantung, dan masih banyak ganguan kesehatan lainnya.

3.Kurang minum air putih

Air merupakan salah satu asupan penting untuk bahan bakar sel, menjaga fungsi otak, dan menunjang kinerja organ tubuh. Untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh, pasokan cairan terbaik bisa diperoleh dari minum air putih.

Melansir EatThis, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung tingkat aktivitas, suhu, dan kondisi kesehatan masing-masing orang. Rata-rata, orang dewasa perlu minum air sebanyak delapan atau sembilan gelas per hari.

Saat tubuh banyak mengeluarkan keringat karena aktivitas fisik atau cuaca panas, kebutuhan cairan bisa meningkat. Kurang minum air putih atau cairan lain menyebabkan dehidrasi. Kondisi tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan, salah satunya dehidrasi.

Baca Juga :  Youtube Bakal Sembunyikan Jumlah Dislike di Video

4. Tidak cukup gerak

Mengajak tubuh bergerak dapat dilakukan dengan cara apa pun, bahkan sekadar naik turun tangga rumah yang meningkatkan detak jantungmu. Sebuah studi tahun 2017 mengungkapkan bahwa wanita yang aktif memiliki tingkat mikroba yang meningkatkan kesehatan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak banyak bergerak. Duduk terlalu banyak menekan sistem pencernaan kita, yang diketahui menyebabkan kembung dan sembelit.

5. Melewatkan sarapan

Sarapan merupakan asupan penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Dengan melewatkan sarapan kamu akan sulit berkonsentrasi, kekurangan energi, hingga kelebihan berat badan karena biasanya kamu akan makan lebih banyak di siang hari. Jadi, pastikan kamu sarapan dulu sebelum beraktivitas.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait