5 Jurus Irit Bensin Untuk Motor Matic, Wajib Dicoba! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Jurus Irit Bensin Untuk Motor Matic, Wajib Dicoba!
Seorang pengendara yang sedang mengisi bensin untuk motor maticnya (Foto: Flickr)
BERITA Kanal Artikel

5 Jurus Irit Bensin Untuk Motor Matic, Wajib Dicoba!

Satukanal.com, Nasional– Bagi pengguna kendaraan roa dua khususnya matic, tak perlu khawatir. Ada jurus irit bensin untuk motor matic yang bisa dilakukan. Apalagi, motor dengan mesin matic memang dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros ketimbang motor non matic.

Biasanya, motor matic yang boros bahan bakar punya beragam penyebab. Seperti dari salhanya cara berkendara ataupun ketika si penggunanya melakukan perawatan yang asal-asalan. Terlebih jika kendaraan bermotor tersebut sudah berumur.

Melihat dari hal tersebut, kali ini Satukanal.com ingin berbagi jurus irit bensin supaya motor matic yang digunain tidak terlalu boros bahan bakar. Lantas, apa saja jurus-jurusnya? Berikut ulasannya:

1. Gunakan Bahan Bakar Oktan Tinggi

Jika motor maticmu sering diisi dengan bahan bakar premium, sebaiknya gantilah dengan bahan bakar beroktan yang lebih tinggi seperti pertalite, pertamax ataupun pertamax plus. Hal ini akan membuat bensin terasa lebih irit, karena bahan bakar beroktan tinggi nantinya akan membuat tarikan motor yang digunakan menjadi jauh lebih enteng.

Baca Juga :  Masih Pakai HP Android Lawas? Mulai Hari Ini Beberapa Tak Bisa Pakai Gmail hingga YouTube

2. Lakukan Pengecekan Sistem Pengapian

Apabila motor matic milikmu masih menggunakan karburator, lakukan pengecekan secara berkala untuk menjaga agar sistem pengapian berfungsi dengan baik karena akan berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Pastikan sitem pengapiannya kendaraanmu baik dan tidak bermasalah. Jangan lupa lakukan pengecekan secara rutin untuk menjaganya.

3. Panaskan Mesin Secukupnya

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk memanaskan mesin dalam waktu cukup lama sebelum digunakan, padahal motor-motor sekarang udah menggunakan sistem yang lebih baik dari sebelumnya.Memanaskan mesin terlalu lama ternyata malah akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak karena idealnya motor matic hanya perlu dipanaskan dalam waktu 3 hingga 5 menit aja.

4. Lakukan Penggantian Oli Secara Berkala

Penggantian oli secara berkala dimaksudkan untuk tetap menjaga performa dari motor, yang tentunya akan mengalami penurunan ketika sering digunakan. Performa menurun ini nantinya bisa mempengaruhi banyaknya bahan bakar yang digunakan oleh motor itu sendiri saat dikendarai.

Baca Juga :  Menggunakan Pasta Gigi Berbahan Charcoal, Amankah?

5. Perhatikan Kondisi Filter Angin

Filter angin juga menjadi komponen yang perlu diperhatikan karena juga memiliki pengaruh dalam efisiensi bahan bakar motor matic. Apabila filter angin motor matic kamu kotor, maka akan menyebabkan udara yang masuk ke sistem pembakaran melalui saluran intake menjadi tersumbat dan membuat bahan bakar terbuang percuma.

Nah, itulah lima jurus irit bensin untuk motor atic yang bisa dilakukan. Cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk melakukan servis motor secara rutin dan berkala untuk menjaga kondisi kendaraan tetap fit dan prima.

 

 

Pewarta : Adinda

Kanal Terkait