5 Jenis Pelat Nomor Kendaraan Listrik Bakal Berlaku di RI, Ini Bedannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Jenis Pelat Nomor Kendaraan Listrik Bakal Berlaku di RI, Ini Bedannya
Ilustrasi mobil listrik (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Straight

5 Jenis Pelat Nomor Kendaraan Listrik Bakal Berlaku di RI, Ini Bedannya

Satukanal.com, Nasional – Melalui Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 Pasal 45 ayat 2, Pemerintah sudah memberlakukan pelat nomor khusus untuk kendaraan listrik yang beredar di jalanan Indonesia.

Sehingga, mobil dan motor listrik nantinya bakal dibedakan dari pelat nomor dengan warna khusus dibandingkan kendaraan konvensional.

AKP Rudi Wiransyah Setiono, Kepala Urusan Administrasi Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, mengatakan bahwa, terdapat lima jenis pelat nomor kendaraan listrik, diantarannya:

  1. Pelat hitam dengan garis biru yang digunakan untuk kendaraan pribadi,
  2. Pelat kuning dengan garus biru untuk digunakan angkutan umum bertenaga listrik,
  3. Pelat nomor dengan kombinasi warna merah garis biru digunakan untuk kendaraan dinas pemerintah,
  4. Pelat nomor dengan kombinasi warna putih lis biru sebagai kendaraan uji coba yang ditemani Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK),
  5. Kelima, adalah kombinasi pelat hijau dengan lis biru, untuk kendaraan di kawasan tertentu, seperti kawasan berikat eksklusif di Batam.
Baca Juga :  Anak Usia 6-11 Tahun Bisa Vaksin, Ketahui Kontraindikasinya!

Sementara itu, PT PLN (Persero) melakukan uji jalan mobil listrik untuk membuktikan penghematan yang bisa didapat masyarakat.

Dari hasil touring di wilayah Bandung yang dilakukan langsung oleh jajaran direksi PLN, biaya menggunakan mobil listrik lebih murah dibandingkan mobil dengan Bahan Bakar Minyak (BBM). Ketika dihitung, pengendara mobil listrik hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10 ribu saja untuk menempuh jarak sepanjang 72 kilometer (km).

Diketahui, penggunaan mobil listrik banyak membawa manfaat jika dilakukan secara masif. Pertama, cita-cita negara untuk mengurangi emisi karbon bisa terasa lebih cepat. Artinya, mobil listrik memiliki karbon yang lebih rendah dibandingkan bensin yang menghasilkan 2,4 kg emisi CO2 untuk satu liternya.

Baca Juga :  Kemenkes Tindak Tegas Oknum yang Tak Patuh Harga Tes PCR

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait