5 Jenis Olahraga Bantu Kurangi Nyeri Haid - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kanal Straight

5 Jenis Olahraga Bantu Kurangi Nyeri Haid

Satukanal.com, Nasional – Seorang wanita setiap bulannya akan merasakan haid. Saat haid kebanyakan wanita masih bingung cara atasi nyeri ataupun gejala lain, seperti nyeri perut, kram, perut kembung, nyeri pinggang, dan sebagainya.

Saat kondisi tersebut, kebanyakan wanita lebih memilih tidur dan istirahat sebagai solusi. Tak jarang, berolahraga menjadi hal terakhir yang dipikirkan saat haid. Bebebrapa jenis olahraga dinilai cukup ampuh untuk mengatasi nyeri haid.

Sudah banyak juga penelitian yang mendukung bahwa olahraga mampu mengurangi dismenore. Dengan melakukan olahraga teratur, maka nyeri haid ringan sampai berat pun bisa teratasi. Dengan memilih jenis olahraga yang tepat dan rutin. Hal tersebut dapat menjadi slaah satu solusi agar nyeri haid bisa teratasi.

Berikut adalah pilihan olahraga yang telah dirangkum Satukanal.com untuk meredakan nyeri haid yang bisa anda lakukan.

1. Yoga

Dua hingga tiga hari menjelang menstruasi adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas seperti yoga, yang dapat membantu merilekskan tubuh dan berpotensi mengurangi gejala seperti kram, nyeri payudara, serta kelelahan dan nyeri otot. Sedangkan saat menstruasi sebaiknya hindari gerakan headstand karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Baca Juga :  Ingin Dapat Vaksin Booster? Ini Syarat dari Satgas Covid-19

2. Jalan Santai

Jalan santai juga merupakan salah satu olahraga untuk mengatasi nyeri haid. Olahraga ringan ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri atau kram saat awal haid. Untuk meredakan nyeri haid, lakukan jalan santai selama minimal 30 menit.

3. Latihan kekuatan otot

Saat menstruasi, terjadi pelepasan hormon kewanitaan dan hal ini dapat menyebabkan perubahan pada struktur ligamen persendian sehingga rentan mengalami cedera, khususnya cedera robekan ACL.
Latihan kekuatan otot tetap menjadi pilihan namun hindari gerakan yang terlalu berlebihan agar tidak mengalami cedera.

4. Bersepeda santai

Tidak perlu olahraga yang berat, bersepeda santai pun dapat menjadi pilihan untuk mengatasi nyeri haid. Bersepeda mampu membuat aliran darah Anda lebih lancar dan membuat mood lebih baik, terutama saat haid. Anda dapat bersepeda santai mengelilingi area sekitar rumah atau bersepeda ke taman selama 30 menit.

Baca Juga :  Pengaruh Media Sosial Disebut Buruk pada Mental Orang Indonesia, Mengapa?

5. Pilates

Pilates merupakan olahraga untuk meregangkan otot dan merupakan versi modern dari yoga. Pilates dinilai mampu mengatasi nyeri perut, nyeri payudara, nyeri otot, nyeri pinggang, serta kelelahan saat haid. Anda bisa mencoba pilates sebagai pilihan olahraga saat haid. Untuk permulaan, lakukanlah gerakan yang ringan terlebih dahulu.

Nah, itu tadi beberapa pilihan olahraga untuk nyeri haid yang dapat anda lakukan secara teratur. Selain terbukti mengurangi nyeri haid, olahraga di atas juga bisa mengurangi gejala haid lain, meningkatkan mood, dan meningkatkan aliran darah di tubuh. Oleh karena itu, jangan malas olahraga saat haid, ya.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait